PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAN MASYARAKAT KELURAHAN (LPMK) DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERSPEKTIF PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NO 5 TAHUN 2007 DI KELURAHAN BANJARDOWO


MUHAMAD NASTAIN , 8111413331 (2018) PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAN MASYARAKAT KELURAHAN (LPMK) DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERSPEKTIF PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NO 5 TAHUN 2007 DI KELURAHAN BANJARDOWO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111413132.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

LPMK Banjardowo merupakan lembaga yang bermitra dengan Kelurahan Banjardowo dan bertugas untuk menyusun rencana pembangunan. Peran LPMK Banjardowo belum diketahui secara pasti sudah teralisasi atau belum. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007 Tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan menyatakan tentang tugas dan fungsi LPMK. Tugas dan fungsi tersebut dapat dijadikan sebagai indikator untuk mengetahui pelaksanaan peran LPMK Banjardowo. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran LPMK dalam Pelaksanaan Pembangunan persspektif Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007 di Kelurahan Banjardowo Kecamatan Genuk Semarang? dan Apa Kendala LPMK dalam Pelaksanaan Pembangunan di Kelurahan Banjardowo Kecamatan Genuk Semarang? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran dan menemukan kendala LPMK dalam Pelaksanaan Pembangunan di Kelurahan Banjardowo Kecamatan Genuk Semarang. Konsep dan teori yang yang digunakan adalah teori welfarestate demokrasi di Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan teori peran dan konsep peran. Konsep LPMK dalam perspektif Permendagrp Nomor 5 Tahun 2007, Konsep pemberdayaan dan konsep otonomi daerah dalam perspektif Undang-Undang nomor 23 Tahun 2014. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yuridis-sosiologis. Sumber data penelitian ini yaitu primer, sekunder, dan tertier. Teknik pengambilan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan cara pengapatan terhadap kegiatan LPMK banjardowo. Validitas data menggunakan triangulasi dan menggunakan analisis data menggunakan interactive analisys models. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peran LPMK Banjardowo dilihat dari tugas dan fungsi LPMK Banjardowo, LPMK Banajrdowo telah melaksanakan tugas dan fungsi sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007. tetapi masih ada tugas dan fungsi dari LPMK Banjardowo yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. (2)Kendala secara internal LPMK terkait sumber daya manusia anggota LPMK Banjardowo dan penyampaian dari LPMK yang masih kurang, kendala secara eksternal terkait dengan partisipasi masyarakat yang kurang dan program yang telah ditetapkan pemerintah kota. Disarankan LPMK Banjardowo untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara baik dan keseluruhan serta meminimalisir kendala yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LPMK; Peran; Permendagri; Banjardowo
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Aug 2020 21:01
Last Modified: 13 Aug 2020 21:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38241

Actions (login required)

View Item View Item