PERLINDUNGAN HUKUM PECIPTA LAGU UNTUK KEPENTINGAN KOMERSIAL PADA PERUSAHAAN RADIO DITINJAU DARI UNDANGUNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (STUDI RADIO DI KABUPATEN KLATEN)


Ichsan Fadzuri Sukamto , 8111413118 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM PECIPTA LAGU UNTUK KEPENTINGAN KOMERSIAL PADA PERUSAHAAN RADIO DITINJAU DARI UNDANGUNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (STUDI RADIO DI KABUPATEN KLATEN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111413118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi pelanggaran terhadap Hak Cipta menjadi sorotan di masyarakat. Peraturan mengenai Hak Cipta diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Perkembangan teknologi menjadi salah satu penyebab munculnya radio-radio di Kabupaten Klaten. Pelanggaran Hak Cipta yang dilakukan oleh perusahaan radio adalah mengumumkan lagu orang lain tanpa adanya izin terlebih dahulu dengan pencipta atau pemegang Hak Cipta. Izin mengumumkan lagu adalah melalui lisensi, apabila lisensi telah dilaksanakan maka pengguna lagu atau musik wajib memberikan imbalan royalti kepada pencipta atau pemegang Hak Cipta. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi pemungutan royalti lagu untuk kepentingan komersial pada perusahaan radio di Kabupaten Klaten dan (2) Bagaimana perlindungan hukum pemegang hak cipta lagu untuk kepentingan komersial pada perusahaan radio di Kabupaten Klaten? Metode penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan teknik pengambilan data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui, buku, jurnal dan peraturan perundangundangan yang terkait. Untuk memperoleh keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data dimana keabsahan data diperoleh melalui perbandingan data hasil observasi dan wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan (1) implementasai penarikan royalti lagu untuk kepentingan komersial pada perusahaan radio di Kabupaten Klaten belum terlaksana. Disebabkan karena belum adanya kesadaran Perusahaan Radio di Kabupaten Klaten untuk melakukan lisensi dan pembayaran royalti, serta kurang maksimalnya kinerja YKCI sebagai penerima kuasa pencipta untuk melakukan pemungutan royalti. (2) Perlindungan hukum pemegang hak cipta lagu untuk kepentingan komersial oleh perusahaan radio di Kabupaten Klaten diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Diperlukan aturan khusus mengenai perhitungan royalti pada perusahaan radio, sehingga dapat menjadi dasar yang kuat untuk melakukan pemungutann royalti pada Perusahaan Radio.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pencipta Lagu, Komersial
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Aug 2020 20:37
Last Modified: 13 Aug 2020 20:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38238

Actions (login required)

View Item View Item