FUNGSI KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH (KPUD) DALAM MELAKUKAN VERIFIKASI TERHADAP CALON PASANGAN INDEPENDEN PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH (PILKADA) BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2008 DI KABUPATEN SRAGEN 2011


AFFIFKI MINOTTI MAHASAKTI , 8111413052 (2018) FUNGSI KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH (KPUD) DALAM MELAKUKAN VERIFIKASI TERHADAP CALON PASANGAN INDEPENDEN PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH (PILKADA) BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2008 DI KABUPATEN SRAGEN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111413052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaturan calon perseorangan dalam bursa pemilihan kepala daerah secara langsung dalam No.12 Tahun 2008 Tentang Perubahan kedua atas UU No.32 Tahun 2004, ada beberapa permasalahanpermasalahan, seperti dalam ketentuan Pasal 59 Undang-undang No. 12 Tahun 2008 mensyaratkan adanya dukungan 3-6,5 persen berdasarkan jumlah penduduk di tiap daerah., syarat ini cukup memberatkan, karena persentase dinilai terlalu tinggi. Ketentuan tersebut justru menjadi penghalang bagi calon perseorangan untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada).Verifikasi bukti dukungan calon perseorangan harus dilakukakan dengan cermat dan membutuhkan waktu lama, oleh karena itu membutuhkan tenaga yang memadai serta biaya yang tidak sedikit. Pada sisi hubungan Kepala Daerah dari calon perseorangan (jika terpilih ) dengan DPRD, maka Kepala daerah dari calon perseorangan bakal mendapat resistensi kuat dari DPRD, sehingga diperlukan banyak akomodasi dan kompromi politik. Dari hasil pembahasan penulis mengenai fungsi KPUD Kabupaten Sragen dalam melakukan verifikasi terhadap calon pasangan independen beserta hambatan dan permasalahan yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya, maka penulis memperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : KPUD Kabupaten Sragen dalam melakukan proses verifikasi terhadap calon pasangan independen pada Pilkada Kabupaten Sragen tahun 2011, dilakukan dalam lima tahapan yaitu, tahap pendaftaran dan penyerahan dokumen dukungan pasangan calon independen, tahap verifikasi administrasi dan verifikasi factual dokumen dukungan calon pasangan independen, pendaftaran calon independen, penelitian administrasi bakal pasangan calon independen, penetapan dan pengumuman pasangan calon independen. Dalam melakukan verifikasi terhadap calon pasangan independen, KPUD Kabupaten Sragen menemui beberapa hambatan pada proses verifikasi factual, hambatan dan permasalahan tersebut yaitu, sumber daya manusia yang tidak merata di daerah, terdapat alamat yang tidak sesuai dengan dokumen dukungan, dukungan yang tidak merata di daerah, dokumen dukungan yang kuraang jelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fungsi KPUD, Hambatan KPUD, KPUD Kabupaten Sragen
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Aug 2020 11:52
Last Modified: 13 Aug 2020 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38223

Actions (login required)

View Item View Item