PENEGAKAN PERATURAN DISIPLIN GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS PENDIDIKAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN BANJARNEGARA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL


YOGA WAHYU DANUJWA , 8111412304 (2018) PENEGAKAN PERATURAN DISIPLIN GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS PENDIDIKAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN BANJARNEGARA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111412304.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penegakan Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil khususnya Guru di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara adalah upaya dan usaha yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara khususnya di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara untuk mmenciptakan kedisiplinan PNS. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana penegakan disiplin guru pegawai negeri sipil di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara berdasarkan peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil, Penerapan metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian yuridis sosiologis. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian ini adalah di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara,. Sumber data terdiri dari data primer, data sekekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen lalu diolah dengan menggunakan model triangulasi. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut : Penegakan disiplin yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara adalah dengan melakukan berbagai tahapan yaitu Tahap proses pelaporan terkait dengan kedisiplian guru adalah didapat dari laporan dari masyarakat dan oleh UPT Dinas Pendidikan tinggkat kecamatan. Tahapan kedua adalah proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara dilakukan oleh tim kusus yaitu Kepala Dinas atau Sekretaris Dinas, Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kasi Pembinaan dengan menghadirkan guru pegawai negeri sipil indisipliner. Penjatuhan hukuman bagi guru pegawai negeri sipil yang melanggar kedisiplinan sedang dan kedisiplinan berat dalah wewenang Bupati Banjarnegara. Saran dari penelitian ini kepada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara diharapkan tepat sasaran dan tegas dalam menjatuhkan sanksi disiplin kepada guru pegawai negeri sipil yang melanggar peraturan disiplin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penegakan Peraturan, Penjatuhan Sanksi, Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Aug 2020 11:15
Last Modified: 13 Aug 2020 11:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38219

Actions (login required)

View Item View Item