EFEKTIFITAS PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 2 TAHUN 2015 (STUDI PADA MASYARAKAT NELAYAN DESA TASIKAGUNG KABUPATEN REMBANG)


Milandari Diah Utami , 8111411189 (2018) EFEKTIFITAS PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 2 TAHUN 2015 (STUDI PADA MASYARAKAT NELAYAN DESA TASIKAGUNG KABUPATEN REMBANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111411189.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Terbitnya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2/PERMENKP/2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) dan Pukat Tarik (Seine nets) yang bertujuan untuk melindungi sumberdaya ikan yang berorientasi pada keberlanjutan sumberdaya ikan nyatanya tidak didukung sepenuhnya oleh masyarakat. Adanya peraturan ini dinilai merugikan nelayan sebab hampir sebagian besar nelayan Indonesia menggunakan Pukat Hela dan Pukat Tarik sebagai alat alat tangkap ikan. Dengan dilarangnya penggunaan alat tangkap tersebut maka hasil tangkapan nelayan akan berkurang yang berakibat pada menurunnya pendapatan yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan nelayan.. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimanakah efektifitas Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 pada masyarakat nelayan desa Tasikagung Kabupaten Rembang?, (2) Bagaimanakah dampak penerapan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 pada masyarakat nelayan desa Tasikagung Kabupaten Rembang? Penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 mendapatkan penolakan keras dari nelayan karena dianggap membuat hasil tangkapan nelayan berkurang. Dampak dari adanya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 pada masyarakat bersifat sangat kompleks, karena merugikan masyarakat dalam berbagai bidang terutama menurunkan penghasilan nelayan dan meningkatkan jumlah pengangguran. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 tidak berjalan efektif, peraturan ini justru memberikan kerugian bagi nelayan karena pendapatan nelayan menjadi terun. Dampak dari pelaksanaan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 justru menimbulkan kerugian bagi nelayan dan industri pendukung perikanan tagkap,antara lain meningkatnya pelanggaran penangkapan ikan, menurunnya pendapatan dan penghasilan nelayan dan bertambahnya pengangguran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permen KP No.2 Tahun 2015, Efektifitas, Dampak, Nelayan
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 16:10
Last Modified: 12 Aug 2020 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38196

Actions (login required)

View Item View Item