KAJIAN TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA KEPEMILIKAN SENJATA API ILEGAL (Studi Kasus Putusan Nomor: 215/ Pid. B/ 2017/ PN.Cilacap)


Ahmad Solikhin , 8111411045 (2018) KAJIAN TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA KEPEMILIKAN SENJATA API ILEGAL (Studi Kasus Putusan Nomor: 215/ Pid. B/ 2017/ PN.Cilacap). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111411045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya kejahatan dengan senjata api, pada tahun 2007 Kapolri mengeluarkan kebijakan penarikan senjata api yang ilegal. Senjata api ilegal adalah senjata yang tidak sah beredar dikalangan sipil, senjata yang tidak diberi izin kepemilikan, atau senjata yang telah habis masa berlaku izinnya. Izin kepemilikan senjata api di Indonesia dibatasi hingga satu tahun dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu yang sama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaturan tindak pidana kepemilikan senjata api ilegal di Indonesia? 2) Bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana kepemilikan senjata api ilegal dalam Putusan Nomor: 215/ Pid. B/ 2017/PNCilacap? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yuridis sosiologis. Sumber data penelitian ini data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, dokumentasi, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik pengabsahan data secara triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaturan hukum tindak pidana kepemilikan senjata api ilegal di Indonesia diatur dalam sejumlah dasar hukum yang mengatur mengenai kepemilikan senjata api, mulai dari level undang-undang yakni UU Darurat No. 12 Tahun 1951, dan Perpu No. 20 Tahun 1960. Selebihnya adalah peraturan yang diterbitkan oleh Kepolisian. Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana kepemilikan senjata api secara illegal studi putusan nomor: 215/pid.b/2017/pn.cilacap. Dasar pertimbangan hakim adalah hakim mempertimbangkan berbagai aspek yaitu aspek yuridis dan non yuridis. Secara yuridis, hakim mempertimbangkan Dakwaan Penuntut Umum, Jaksa Penuntut Umum, Keterangan Terdakwa, Keterangan Saksi, Barang Bukti, Hal –Hal yang Memberatkan dan Meringankan. Pertimbangan yang bersifat non yuridis, hakim mempertimbangkan nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, riwayat hidup dan keadaan sosial ekonomi, motif dan tujuan dilakukannya suatu tindak pidana Simpulan penelitian ini adalah pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana kepemilikan senjata api secara illegal studi putusan nomor: 215/pid.b/2017/pn.cilacap dasar pertimbangan hakim yaitu mempertimbangkan berbagai aspek yaitu aspek yuridis dan non yuridis

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan Hakin,Senjata Api, Ilegal
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 15:14
Last Modified: 12 Aug 2020 15:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38191

Actions (login required)

View Item View Item