PENGARUH CITRA MEREK DAN KECINTAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI WORD OF MOUTH PADA KONSUMEN TOKO CLOWOR DISTRO PAKAIAN ANIME DI SEMARANG


Azuma Zuhadul Haq , 7311414221 (2018) PENGARUH CITRA MEREK DAN KECINTAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI WORD OF MOUTH PADA KONSUMEN TOKO CLOWOR DISTRO PAKAIAN ANIME DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414221.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Toko Clowor Distro Pakaian Anime adalah salah satu toko pakaian yang menjual desain kartun Jepang di daerah Semarang. Pemilik selalu meningkatkan citra merek dan meningkatkan kecintaan merek agar keputusan pembelian meningkat melalui word of mouth yaitu keinginan seseorang untuk membicarakan kepada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung citra merek, kecintaan merek, dan word of mouth sebagai variabel intervening terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini konsumen Toko Clowor Distro Pakaian Anime di Semarang yang tidak diketahui jumlahnya, dengan metode iterasi diperoleh sampel 100 responden melalui teknik pengambilan sampel yaitu non probability dengan incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi serta analisis data menggunakan path analysis. Variabel penelitian meliputi citra merek, kecintaan merek, word of mouth, dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable citra merek dan kecintaan merek berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Sedangkan untuk path analysis atau pengujian intervening diperoleh hasil bahwa citra merek dan kecintaan merek memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth. Simpulan dari penelitian ini yaitu citra merek dan kecintaan merek memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian hasil uji analisis jalur menunjukkan word of mouth mampu menjadi variabel intervening antara pengaruh citra merek dan kecintaan merek terhadap keputusan pembelian. Saran bagi Toko Clowor adalah perusahaan harus mampu membuat merek clowor menjadi menarik tidak membuat jenuh dan perusahaan harus mampu mempertahankan para konsumennya agar tidak berpindah kepada merek lain. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan variabel lain dan meneliti pada bidang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Kecintaan Merek, Word Of Mouth, dan Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 13:55
Last Modified: 12 Aug 2020 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38183

Actions (login required)

View Item View Item