ANALISIS REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN PEMBELIAN KEMBALI SAHAM (BUY BACK) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2013 – 2017


Fenny Rosita Devi , 7311414219 (2018) ANALISIS REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN PEMBELIAN KEMBALI SAHAM (BUY BACK) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2013 – 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414219.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perusahaan go public wajib menyajikan informasi kepada para investor di bursa sebagai bentuk keterbukaan informasi perusahaan di pasar modal. Informasi perusahaan yang beredar di bursa dapat mengenai berbagai kebijakan perusahaan, salah satunya kebijakan pembelian kembali saham (buy back). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar atas pengumuman pembelian kembali saham yang diukur dengan abnormal return dan trading volume activity dan menganalisis perbedaan antara sebelum dan sesudah peristiwa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengumuman buy back selama periode tahun 2013-2017. Penelitian ini menggunakan event study dengan periode jendela selama 15 hari (t-7 sampai t+7). Teknik pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling. Terdapat sejumlah 55 pengumuman yang memenuhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Sample T-test dan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat abnormal return yang signifikan di sekitar tanggal pengumuman buy back yaitu pada t-7, t0, t+1, t+2, dan t+3, sedangkan trading volume activity yang signifikan di sekitar tanggal pengumuman terjadi pada seluruh hari di periode jendela. Selain itu, tidak terdapat perbedaan average abnormal return yang signifikan antara sebelum dan sesudah pengumuman buy back, tetapi terdapat perbedaan average trading volume activity yang signifikan antara sebelum dan sesudah pengumuman buy back. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat reaksi pasar atas pengumuman pembelian kembali saham. Hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu alternatif referensi bagi penelitian selanjutnya. Selain itu, bagi investor diharapkan lebih memperhatikan kandungan informasi dari pengumuman pembelian kembali saham dalam mengambil keputusan investasi dan bagi manajemen perusahaan disarankan agar lebih memperhatikan tujuan utama dari pengambilan kebijakan buy back, sesuai hasil penelitian menunjukkan bahwa apabila tujuan dari buy back untuk menjaga likuiditas saham, maka perlu dilakukan buy back, akan tetapi jika alasan manajer melakukan buy back untuk menjaga value perusahaan hendaknya tidak memfokuskan pada aksi korporasi buy back.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buy Back, Abnormal Return, Trading Volume Activity.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 13:48
Last Modified: 12 Aug 2020 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38182

Actions (login required)

View Item View Item