PENGARUH PRODUK WISATA DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MOTIVASI WISATAWAN HORTIMART AGRO CENTER


Ibnu Hernowo , 7311414218 (2018) PENGARUH PRODUK WISATA DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MOTIVASI WISATAWAN HORTIMART AGRO CENTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414218.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kecenderungan wisatawan untuk kembali ke alam menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang berbasiskan alam menjadi potensial, tak terkecuali wisata yang berbasiskan alam pertanian (wisata agro). Wisata agro merupakan salah satu jenis wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai obyek wisata dan memadukan antara kegiatan pertanian dengan kegiatan wisata. Populasi penelitian ini adalah pengunjung objek wisata Hortimart Agro Center Bawen yang melakukan kegiatan wisata, yakni tidak diketahui jumlahnya. Sampel pada penelitian ini sebanyak 107 pengunjung objek wisata Hortimart Agro Center Bawen yang diambil menggunakan rumus iterasi dengan teknik insidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk wisata dan citra destinasi berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung. Motivasi wisatawan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung. Produk wisata dan citra destinasi berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung melalui motivasi wisatawan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa produk wisata dan citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan bekunjung baik secara langsung maupun melalui motivasi wisatawan. Saran bagi manajemen obyek wisata Hortimart Agro Center adalah pentingnya untuk selalu melakukan perawatan dan penambahan fasilitas yang ada serta memperhatikan keluhan atau masukan pengunjung. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan memperluas variabel dan/atau indikator lainnya, seperti media sosial yang memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan dan mempopulerkan daya tarik wisata guna memperkuat pembentukan citra dan motivasi wisatawan. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Produk Wisata, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung, dan Motivasi Wisatawan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 13:42
Last Modified: 12 Aug 2020 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38181

Actions (login required)

View Item View Item