PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND IMAGE


Ika Pratiwiningsih , 7311414205 (2018) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND IMAGE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414205.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Celebrity endorser merupakan penggunaan bintang iklan untuk mempromosikan suatu produk agar konsumen tertarik. Brand image merupakan kesan yang ada dalam benak konsumen terhadap suatu merek. Keputusan pembelian adalah proses dimana konsumen benar-benar memutuskan untuk produk diantara berbagai pilihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung celebrity endorse terhadap keputusan pembelian melalui brand image. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Honda Vario di CV. Sumber Makmur Abadi dengan jumlah sampel 116 responden, menggunakan metode pengambilan sampel non-probability sampling dengan accidental sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner. Pengujian data pada penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis jalur path. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh terhadap brand image. Variabel celebrity endorser dan brand image juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan analisis path dapat diketahui bahwa celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui brand image. Simpulan dari penelitian ini yaitu semakin baik kualitas dan popularitas celebrity endorser yang digunakan iklan maka akan semakin baik pula brand image produk, apabila brand image semakin baik maka konsumen akan semakin tertarik dan semakin yakin untuk melakukan keputusan pembelian. Saran bagi perusahaan hendaknya selalu meningkatkan kualitas celebrity endorser sehingga brand image akan semakin baik dan dapat meningkatkan keputusan pembelian. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel penelitian dan menggunakan metode penelitian yang berbeda sehingga lebih bervariatif. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Celebrity endorser, Brand image, dan Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 12:50
Last Modified: 12 Aug 2020 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38174

Actions (login required)

View Item View Item