PENGARUHCITRADESTINASI, DAYATARIKWISATA,ELECTRONICWORD OFMOUTH TERHADAPKEPUASANMELALUIKEPUTUSANBERKUNJUNG


Indah Wulan Sari , 7311414195 (2018) PENGARUHCITRADESTINASI, DAYATARIKWISATA,ELECTRONICWORD OFMOUTH TERHADAPKEPUASANMELALUIKEPUTUSANBERKUNJUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414195.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepuasan berkunjung dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti citra destinasi, daya tarik wisata, electronics word of mouth dan keputusan berkunjung. Namun ada beberapa penelitian yang menyatakan sebaliknya. Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa telah terjadi fluktuasi pada jumlah pengunjung Tlogo Resort dan Goa Rong View. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh citra destinasi, daya tarik wisata, electronics word of mouth terhadap kepuasan berkunjung. Variabel keputusan berkunjung digunakan sebagaivariabel intervening dalampenelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Tlogo Resort dan Goa Rong ViewTuntang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Incidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 115. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode dokumentasi. Metode analisis data menggunakan path analysis, dimana variabel penelitian meliputi citra destinasi, daya tarik wisata, electronics word of mouth, keputusan berkunjung,kepuasan berkunjung. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan variabel citra destinasi, daya tarik wisata, electronics word of mouth terhadap kepuasan berkunjung. Sedangkan untuk path analysis diperoleh hasil bahwa citra destinasi, daya tarik wisata, electronics word of mouthmemiliki pengaruh tidak langsung terhadap kepuasan berkunjung melalui keputusan berkunjung. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa citra destinasi, daya tarik wisata, electronics word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan berkunjung. Sementara itu, keputusan berkunjung memiliki peran sebagai variabel interveningantara destinasi, daya tarik wisata, electronics word of mouth, terhadap kepuasan berkunjung. Saran bagi Tlogo Resort dan Goa Rong View Tuntang adalah meningkatkan kemenarika atraksi objek wisata yang berbeda, lebih memperhatikan kondisi lingkungan sekitar agar membuat pengunjung merasa nyaman, mempermudah aksesmenuju objekwisata,sertamenciptakan pernyataan positif diberbagaimedia sosial mengenai objek wisata. Bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas objek penelitian dan mempertimbangkan variabel lain yang mempengaruhi kepuasan berkunjung seperti promosi dan motivasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: citra destinasi, daya tarik wisata, electronics word of mouth,kepuasan berkunjung,keputusanberkunjung.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 12:23
Last Modified: 12 Aug 2020 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38169

Actions (login required)

View Item View Item