PENGARUH PLACE BRANDING, PROMOSI, DAN ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI CITRA DESTINASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DESTINASI WISATA PANTAI TELUK PENYU KABUPATEN CILACAP


Nanda Fuadillah , 7311414192 (2018) PENGARUH PLACE BRANDING, PROMOSI, DAN ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI CITRA DESTINASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DESTINASI WISATA PANTAI TELUK PENYU KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414192.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pantai Teluk Penyu merupakan Pantai yang terletak di Kabupaten Cilacap. KawasanPantai Teluk Penyu memiliki potensi wisata bahari yang sangat beragam, mulai dari pantaiTeluk Penyu, Pulau Nusakambangan, Benteng Pendem, dan lainlain.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung place branding, promosi dan atribut produk wisata terhadap keputusan berkunjung melalui citra destinasi pada pantai teluk penyu kabupaten cilacap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi wisatawan destinasi wisata Pantai Teluk Penyu di Kabupaten Cilacap. Populasi pada penelitian ini terlalu banyak, dengan menggunakan metode iterasi diperoleh sampel minimal sebanyak 116 responden melalui teknik pengambilan sampel yaitu sampling aksidental. Data diperoleh dari kuesioner sebanyak 150. Analisis data menggunakan Path Analysis dengan Program SPSS versi 21, dimana variabel yang digunakan meliputi place branding (X1), promosi (X2), atribut produk wisata (X3), citra destinasi(Z1),Keputusan Berkunjung (Y1). Hasil menunjukkan bahwa place branding (X1), promosi (X2), atribut produk wisata (X3), citra destinasi(Z1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (Y1). Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa place branding (X1), promosi (X2), dan atribut produk wisata (X3)berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (Y1)melalui citra destinasi(Z1). Sehingga dapat dikatakan bahwa citra destinasi mampu menjadi variabel intervening pengaruhplace branding, promosi danatribut produk wisata terhadap keputusan berkunjung. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa semakin baik place branding, promosi dan atribut produk wisata maka dapat meningkatkan keputusan berkunjung baik secara langsung maupun melaui variabel intervening yaitu citra destinasi. Saran untuk Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata(DISPORAPAR) terus meningkatkan serta menjaga atribut produk wisata karena atribut wisata merupakan daya tarik suatu destinasi wisata sehingga perlu diupayakan penataan dan pengelolaan. Peneliti selanjutnya dapat meneliti variabel maupun indikatorindikatorlain yang mempengaruhi keputusan berkunjung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Place Branding, Promosi, Atribut ProdukWisata, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 12:10
Last Modified: 12 Aug 2020 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38166

Actions (login required)

View Item View Item