PENGARUH CITRA DESTINASI, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MELALUI KEPUTUSAN PENGUNJUNG


Radena Jessica Manurung , 7311414190 (2018) PENGARUH CITRA DESTINASI, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MELALUI KEPUTUSAN PENGUNJUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414190.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa penelitian terdahulu mengenai Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keputusan Pengunjung terhadap Kepuasan Pengunjung. Penelitian ini juga didasari oleh fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa fluktuasi yang terjadi dalam jumlah pengunjung dan pendapatan dari Global Waterboom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Global Waterboom di Pati Jawa Tengah. Variabel keputusan pengunjung digunakan sebagai variabel intervening dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Global Waterboom di Pati Jawa Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 responden Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra Destinasi berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui keputusan pengunjung. Lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung melalui keputusan pengunjung. Kualitas Pelayanan tidak memberikan pengaruh secara langsung terhadap kepuasan pengunjung dengan tingkat signifikansi > 0.05. Lokasi tidak memberikan pengaruh secara langsung terhadap kepuasan pengunjung dengan tingkat signifikansi>0.05. Simpulan dari penelitian bahwa kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh paling kecil terhadap kepuasan pengunjung baik secara langsung maupun melalui keputusan pengunjung. Saran yang diberikan pengelola Global Waterboom adalah perlu menambahkan jumlah petugas serta memberi pelatihan pada petugas , sehingga petugas dapat memberikan pelayanan yang prima ,perlu adanya perbaikan fasilitas dan penampilan gedung, dan pengaturan lalu lintas agar tidak macet saat memasuki area . Bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih dari satu objek wisata waterboom yang ada di Pati dan mempertimbangkan variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Pengunjung, Keputusan Pengunjung
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 12:05
Last Modified: 12 Aug 2020 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38165

Actions (login required)

View Item View Item