KECERDASAN SOSIAL REMAJA BERBASIS NILAI KONSERVASI DALAM MENANGGAPI ISU-ISU MEDIA SOSIAL DI SMP WALISONGO 1 KOTA SEMARANG


Budayawan Gerio Putra, 3601414052 (2019) KECERDASAN SOSIAL REMAJA BERBASIS NILAI KONSERVASI DALAM MENANGGAPI ISU-ISU MEDIA SOSIAL DI SMP WALISONGO 1 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601414052_.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (952kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan media sosial yang semakin luas menjadikan kebutuhan untuk akses di dunia maya tersebut menjadi tergolong bersifat primer dalam kehidupan sehari–hari. Pada tahun 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet setidaknya sekali tiap satu bulan. Penelitian ini berdakasarkan 5 faktor indikator kecerdasan sosial yaitu: 1) Situational Awareness. (2) Presence, atau kemampuan membawa diri. (3) Authenticity. (4) Clarity. (5) Emphaty dan berbasis konservasi milik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang yaitu peduli diri, peduli sesama, peduli institusi dan peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekat kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, wali kelas, peserta didik dan kepala sekolah di Smp Walisongo 1. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemahaman terhadap kecerdasan menghadapi isu-isu media sosial sangatlah kurang dikarenakan peserta didik belum bisa membedakan isi-isi dalam media sosial tersebut. Guru sudah memulai penerapan kercadasan sosial menghadapi isu-isu media sosial dibuktikan dengan peraturan internal sekolah dan RPP guru sebelum memulai pelajaran untyuk memberikan pesan menghadapi isu-isu media sosial. Faktor factor yang mempengaruhi kecerdasan sosial siswa yaitu penerapan RPP yang didalamnya sebelum pelajaran memberikan wejangan atau pesan tentang isu-isu media sosial dan dukungan kepala sekolah untuk menjadikan wali kelas sebagai pengawas anak-anak di dalam grup peserta didik. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah membentuk seminar dengan Kemenkominfo RI, perlu adanya pendampingan siswa dan penanaman kecerdasan sosial perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan sosial, nilai konservasi dan isu-isu media sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:50
Last Modified: 12 Aug 2020 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38162

Actions (login required)

View Item View Item