PENGARUH SOCIAL MEDIA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI CITRA DESTINASI PADA PENGUNJUNG OBJEK WISATA DIENG KABUPATEN WONOSOBO


Gabal Ghorban , 7311414185 (2018) PENGARUH SOCIAL MEDIA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI CITRA DESTINASI PADA PENGUNJUNG OBJEK WISATA DIENG KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414185.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara social media dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung melalui citra destinasi. Keputusan berkunjung ini dapat meningkat apabila pengunjung telah mengetahui citra destinasi positif yang berasal dari social media mereka dan juga informasi dari word of mouth. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung objek wisata Dieng Kab. Wonosobo. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi serta analisis data menggunakan path analysis dengan program IBM SPSS 23 dimana variabel penelitian meliputi social media, word of mouth, citra destinasi dan keputusan berkunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel social media dan word of mouth berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan untuk path analysis atau pengujian intervening diperoleh hasil bahwa social media dan word of mouth memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan berkunjung melalui citra destinasi. Simpulan dari penelitian ini yaitu variabel social media dan word of mouth berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian hasil uji analisis jalur menunjukkan citra destinasi mampu menjadi variabel intervening antara pengaruh social media dan word of mouth pengunjung terhadap keputusan berkunjung. Saran bagi manajemen objek wisata Dieng adalah pentingnya untuk melakukan perbaikan fasilitas, faktor pendukung dan lingkungan wisata yang ada. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan variabel dan atau indikator lainnya, tidak hanya social media internet tetapi juga media televisi, media cetak, radio atau yang lainnya. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Social Media, Word of Mouth, Citra Destinasi, KeputusanBerkunjung
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:54
Last Modified: 12 Aug 2020 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38161

Actions (login required)

View Item View Item