RELEVANSI PEMBELAJARAN IPS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM LINGKUP MULTIKULTURAL DI SMP KUNCUP MELATI SEMARANG


Dzulkaisi Muthia Sari, 3601414040 (2019) RELEVANSI PEMBELAJARAN IPS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM LINGKUP MULTIKULTURAL DI SMP KUNCUP MELATI SEMARANG. Universitas Negeri Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of 3601414040artikel.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (365kB) | Preview

Abstract

Setiap individu secara alamiah memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan individu lainya. Bentuk interaksi sosial assosoatif dan dissosiatif pada dasarnya merupakan proses sosial alamiyah yang kemudian dapat menjadi dinamika kultural yang membangun dan melahirkan individu yang berpola pikir terbuka. Hubungan sosial anak akan semakin luas saat masuk di lingkungan sekolah. Sekolah merupakan tempat bertemunya anak-anak yang berasal dari beragam corak latar belakang keluarga. Diharapkan melalui mata pelajaran IPS, peserta didik dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Pembelajaran IPS di sekolah yang disampaikan oleh guru memiliki peran yang sentral dalam mewariskan nilai-nilai multikultural di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS sudah relevan terhadap interaksi sosial siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa sebagian besar siswa sudah berupaya untuk saling menghargai, menghormati, dan meminimalisasi terjadinya konflik antara satu sama lain sehingga tercipta kondisi yang aman, tertib, damai, dan kondusif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Interaksi Sosial, Multikultural
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:42
Last Modified: 12 Aug 2020 11:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38159

Actions (login required)

View Item View Item