PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2016


Lely Silvia , 7311414164 (2019) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414164.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya persaingan di dunia bisnis menuntut perusahaan untuk meningkatkan performa perusahaan agar dapat bertahan dalam persaingan ekonomi saat ini. Berbagai cara dan strategi digunakan untuk memenangkan persaingan yang terjadi antar perusahaan. Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan mengembangkan modal intelektual (intellectual capital). Peranan Intellectual Capital (IC) menjadi sangat penting untuk menjaga kestabilan perusahaan untuk menghadapi persaingan. IC dianggap mampu memberikan competitive advantage bagi perusahaan. Perusahaan yang mampu mengelola dan memanfaatkan kekayaan intelektualnya diyakini mampu meningkatkan profit bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital yang diukur dengan tiga komponen IC yaitu Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural Capital Value Added (STVA) terhadap profitabilitas perusahaan perbankan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2016. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik purposive sampling dengan total sampel sebanyak 35 perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Value Added Capital Employed (VACA) memiliki nilai positif sebesar 2,632 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,010 < 0,05 terhadap profitabilitas (ROA), Value Added Human Capital (VAHU) juga memiliki nilai positif sebesar 4,256 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 terhadap profitabilitas (ROA), sedangkan Structural Capital Value Added (STVA) memiliki nilai negatif sebesar -1,148 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,253 > 0,05 terhadap profitabilitas (ROA). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa komponen IC yaitu Value Added Capital Employed (VACA), dan Value Added Human Capital (VAHU) memiliki pengaruh terhadap profitabiitas perusahan perbankan, sedangkan Structural Capital Value Added (STVA) tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan perbankan. Saran dari penelitian ini adalah dapat menjadi bahan referensi bagi penelitian selanjutnya. Selain itu, bagi investor sebaiknya lebih teliti untuk mempertimbangkan intellectual capital yang dimiiki perusahaan karena peran pentingnya intellectual capital perusahaan guna menciptakan nilai bagi peusahaan., dan bagi perusahaan untuk dapat mengembangkan, mengelola, dan melakukan pelaporan terhadap intellectual capital.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Profitabiitas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:31
Last Modified: 12 Aug 2020 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38157

Actions (login required)

View Item View Item