OPTIMALISASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG BERDASARKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY


Lailan Sholihul Huda , 7311414162 (2018) OPTIMALISASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG BERDASARKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414162.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Persediaan bahan baku adalah salah satu faktor produksi yang sangat penting dalam proses produksi. Proses produksi tidak dapat berlangsung jika tidak ada persediaan bahan baku. Persediaan bahan baku haruslah diperhatikan oleh perusahaan agar tercapainya efisiensi produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan konsep manajemen persediaan bahan baku dan bahan penolong yang optimal yang akan dihitung menggunakan metode economic order quantity. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bahan baku dan bahan penolong yang digunakan dalam produksi kue japit gulung. Jumlah populasi penelitian ini sejumlah 10 bahan. Setelah dilakukan purposive sampling terdapat 5 bahan yang menjadi sampel penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan yang akan membandingkan antara metode economic order quantity dan metode konvensional. Kedua metode akan dihitung menggunakan microsoft excel 2016. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode economic order quantity dapat mengoptimalkan pengendalian persediaan dibandingkan dengan metode konvensional. Metode economic order quantity dapat mengoptimalisasi kuantitas pembelian, frekuaensi pembelian, safety stock, dan re-order point dibandingkan dengan metode konvensional. Optimalisasi dapat dilihat dari lebih optimalnya total inventory cost (TIC) pada metode economic order quantity dibandingkan dengan metode konvensianal. Maka saran peneliti Bagi perusahaan, dalam melakukan pengendalian persdiaan bahan baku dan bahan penolong sebaiknya menggunakan metode economic order quantity (EOQ). Bagi peneliti selanjutnya, dapat melakukan penelitian yang lebih menyeluruh seperti menambahkan jumlah bahan baku dan bahan penolong yang di teliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Persediaan, Economic Order Quantity, Re-order point (ROP), safety stock, total inventory cost (TIC)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:18
Last Modified: 12 Aug 2020 11:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38154

Actions (login required)

View Item View Item