ANALISIS UNSUR STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG (STUDI KASUS PADA NASABAH BPR RESTU ARTHA MAKMUR SEMARANG)


Ade Marike , 7311414150 (2018) ANALISIS UNSUR STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG (STUDI KASUS PADA NASABAH BPR RESTU ARTHA MAKMUR SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414150.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai tujuan pemasarannya, perusahaan jasa keuangan harus dapat merasakan dan memahami kebutuhan konsumen lebih dari para pesaingnya sehingga dapat menciptakan produk jasa keuangan yang memiliki nilai tinggi dihadapan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang diformulasikan melalui pembauran pemasaran jasa (service marketing mix) agar dapat mencapai keunggulan bersaing yang dapat bertahan lama dan akhirnya akan mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence terhadap keputusan menabung. Populasi penelitian yaitu pada nasabah BPR Restu Artha Makmur Semarang dengan jumlah sampel 100 orang menggunakan rumus iterasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji parsial menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial unsur bauran pemasaran produk, bunga, promosi, proses dan bukti fisik mempengaruhi keputusan menabung nasabah secara positif, sementara unsur lokasi dan karyawan berpengaruh secara negatif terhadap keputusan menabung. Secara simultan bauran pemasaran produk, bunga, lokasi, promosi, karyawan, proses dan bukti fisik mempengaruhi keputusan menabung nasabah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh produk terhadap keputusan menabung, ada pengaruh bunga terhadap keputusan menabung, ada pengaruh promosi terhadap keputusan menabung, ada pengaruh proses terhadap keputusan menabung, ada pengaruh bukti fisik terhadap keputusan menabung sedangkan lokasi dan karyawan tidak mempengaruhi keputusan menabung. Saran untuk perusahaan adalah untuk mengembangkan sistem transaksi online agar lebih memudahkan nasabah. Bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti dengan variabel lain untuk menjawab permasalahan dan keterbatasan yang terjadi pada penelitian ini

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Unsur Marketing Mix, dan Keputusan Menabung
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 10:49
Last Modified: 12 Aug 2020 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38148

Actions (login required)

View Item View Item