PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NURUL ISLAMI SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010


NASIRUDDIN AL AMIN , 3301405599 (2010) PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NURUL ISLAMI SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA  PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI  DI SMA NURUL ISLAMI SEMARANG  TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NURUL ISLAMI SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (589kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Nurul Islami Semarang Tahun Ajaran 2009/2010 secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Nurul Islami Semarang yang berjumlah 110 siswa. Siswa yang menjadi obyek penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI, sedangkan kelas XII tidak dijadikan obyek penelitian karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) secara klasikal. Sehingga populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari persepsi disiplin (X1), motivasi belajar (X2) dan Prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner atau angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase, analisis regresi linear berganda 2 prediktor dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS 12.00 diketahui nilai Fhitung sebesar 34.644 dengan signifikansi 0.000. Dari hasil dapat disimpulkan ada pengaruh antara persepsi disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa secara simultan. Hasil perhitungan diketahui thitung untuk X1 sebesar 5.239 dengan signifikansi 0.000 dan thitung untuk X2 sebesar 2.505 dengan signifikansi 0.014 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh antara persepsi disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Nurul Islami Semarang secara parsial. Saran yang dapat peneliti berikan adalah dalam upaya meningkatkan prestasi belajarnya siswa hendaknya meningkatkan kedisiplinan dan motivasi belajarnya. Indikator – indikator yang perlu ditingkatkan diantaranya kedisiplinan siswa masuk sekolah, kedisiplinan mengikuti pelajaran di sekolah, mentaati tata tertib sekolah. Tepat waktu dalam belajar, mengerjakan tugas sekolah, belajar secara teratur, tekun menghadapi tuhas, ulet menghadapi kesulitan, meningkatkan minat untuk sukses dan menyusun orientasi masa depan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 06:54
Last Modified: 25 Apr 2015 05:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3813

Actions (login required)

View Item View Item