DISTRIBUSI SPASIAL DAN TEMPORAL KEPITING (Scylla sp.) DI EKOSISTEM MANGROVE WILAYAH TAPAK KELURAHAN TUGUREJO KOTA SEMARANG


Fitria Febriyani, 4411413037 (2018) DISTRIBUSI SPASIAL DAN TEMPORAL KEPITING (Scylla sp.) DI EKOSISTEM MANGROVE WILAYAH TAPAK KELURAHAN TUGUREJO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4411413037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (658kB) | Preview

Abstract

Kepiting (Scylla sp.) di area mangrove Tapak Tugurejo biasa dikonsumsi oleh warga sekitar serta dijual mengingat harga jual dan permintaannya yang cukup tinggi di pasaran. Dalam rangka manajemen dan konservasi kepiting, data distribusi spasial maupun temporal kepiting diperlukan untuk menyiapkan habitat dan kondisi yang optimal untuk pertumbuhan kepiting mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi spasial dan temporal kepiting (Scylla sp.) di Ekosistem Mangrove Wilayah Tapak Tugurejo Kota Semarang. Penelitian dilakukan pada bulan September – November 2017 saat peralihan musim kemarau ke musim hujan. Pengambilan sampel menggunakan metode purpossive random sampling. Terdapat 8 stasiun pengambilan data yang ditentukan berdasarkan jarak dari garis pantai. Data dianalisis secara statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa jenis kepiting yang ditemukan yaitu dari spesies Scylla serrata. Pusat distribusi kepiting terdapat pada stasiun 3 dengan jumlah kepiting tertangkap sejumlah 76 ekor. Stasiun 3 memiliki jarak 0,38 mil dari garis pantai serta dikelilingi oleh mangrove dari fase pancang sampai pohon dengan diameter batang antara 9-53 cm serta jarak antar pohon mangrove 1-2 m. Secara temporal, jumlah kepiting terbanyak ada pada waktu pengambilan malam hari pada pukul 24.00 karena kepiting merupakan hewan nokturnal dan pada pengambilan periode pertama. Jumlah kepiting tertangkap pada pengambilan periode berikutnya mengalami penurunan seiring dengan keadaan curah hujan yang semakin tinggi. Dari penelitian disimpulkan bahwa secara spasial, kepiting (Scylla sp.) terdistribusi di seluruh stasiun penelitian dengan pusat distribusi terdapat pada stasiun 3 dengan jarak 0,38 mil dari garis pantai. Secara temporal, kepiting (Scylla sp.) terdistribusi di sepanjang waktu dengan jumlah kepiting terbanyak ada pada malam hari dan pada pengambilan periode pertama kemudian menurun pada periode berikutnya seiring dengan datangnya musim penghujan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: distribusi, ekosistem mangrove, Scylla sp.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:06
Last Modified: 12 Aug 2020 11:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38118

Actions (login required)

View Item View Item