PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY DENGAN PRAKTIKUM MATERI SISTEM PERNAPASAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER KONSERVASI


Laksita Lupitasari, 4401414096 (2018) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY DENGAN PRAKTIKUM MATERI SISTEM PERNAPASAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER KONSERVASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401414096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan dasar dan menengah pada implementasi kurikulum 2013 disarankan menggunakan pendekatan saintifik. Penerapan model Guided Discovery dengan praktikum yang menciptakan suasana pembelajaran yang mana siswa memahami konsep secara konkret dan mampu menguasai materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi pengaruh penerapan model Guided Discovery dengan berbantuan belajar terhadap hasil belajar biologi dan karakter konservasi siswa materi sistem pernapasan. Desain penelitian adalah quasi experimental dengan jenis yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watukumpul. Kelas yang digunakan sebagai sampel ditentukan menggunakan tekhnik purposive sampling yang terdiri dari kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIA sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar, aktivitas, keterampilan, dan karakter. Hasil belajar dianalisis dengan uji t dan N-gain. Aktivitas, keterampilan dan karakter siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postest kelas eksperimen 81,11, sedangkan rata-rata kelas kontrol 67,22 dan dihitung dengan uji t, hasilnya yaitu p 0,00 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, ketuntasan klasikal siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80,75%, sedangkan kelas kontrol 72,45%. Jumlah siswa dalam peningkatan hasil belajar dalam kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 31 siswa daripada jumlah siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar kelas kontrol yaitu 18. Selain itu karakter konservasi pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Karakter peduli lingkungan 78,92%, sedangkan kelas kontrol 76,38%. Karakter jujur 89,10%, sedangkan kelas kontrol 80,09%. Karakter tanggung jawab pada kelas eksperimen yaitu 78,39%, pada kelas kontrol sebesar 80,09%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model Guided discovery dengan praktikum berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan karakter konservasi siswa. Hal ini didukung dengan tanggapan siswa dan guru yang memberi tanggapan baik terhadap penerapan model Guided Discovery dengan praktikum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery, praktikum, hasil belajar, konservasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 16:02
Last Modified: 11 Aug 2020 16:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38088

Actions (login required)

View Item View Item