IMPLEMENTASI DISCOVERY ROLE PLAY PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DI MA MATHOLI’UL FALAH DEMAK


Ida Himmatus Sa’diyyah, 4401414087 (2018) IMPLEMENTASI DISCOVERY ROLE PLAY PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DI MA MATHOLI’UL FALAH DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401414087.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu prinsip pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum 2013 adalah menciptakan pembelajaran yang aktif, berbasis kompetensi dan memberikan suasana belajar yang menyenangkan. Model discovery role play, yaitu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk berpikir kritis dan aktif dalam menemukan konsep materi, dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan karena adanya pemeranan yang dapat mengilustrasikan konsep materi. Model tersebut juga dapat membantu dalam membentuk karakter komunikatif pada siswa. Materi sistem saraf adalah materi yang mempelajari tentang sistem saraf yang tidak dapat diamati secara langsung. Model pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa dalam memahami materi tersebut adalah model discovery role play. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi discovery role play terhadap hasil belajar dan karakter komunikatif siswa pada pembelajaran materi sistem saraf di MA Matholi’ul Falah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, yang dilaksanakan di jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang dan di MA Matholi’ul Falah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis data penelitian berupa hasil belajar siswa berupa data hasil aspek kognitif yang dianalisis dengan uji t tes dan data karakter komunikatif dianalisis menggunakan deskriptif presentase. Analisis data hasil belajar pada aspek kognitif diketahui bahwa 86,3% siswa kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata sebesar 83,32, sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 77,3% siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 75,32. Hasil uji t menunjukkan thitung 0,05 ≥ ttabel 0,001, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil data karakter komunikatif siswa pada kelas eksperimen memiliki kriteria sangat baik sebanyak 92%, maka dapat dikatakan bahwa pembentukan karakter komunikatif pada siswa setelah implementasi discovery role play pada pembelajaran materi sistem saraf telah terbentuk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi discovery role play berpengaruh terhadap hasil belajar dan pembentukan karakter komunikatif siswa pada materi sistem saraf di MA Matholi’ul Falah Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: discovery role play, hasil belajar, karakter komunikatif.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 15:49
Last Modified: 11 Aug 2020 15:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38085

Actions (login required)

View Item View Item