PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PETARUKAN


Devi Erfa Susani, 4401414072 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PETARUKAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401414072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara guru biologi SMA Negeri 1 Petarukan menunjukkan bahwa pembelajaran materi perubahan lingkungan dilaksanakan menggunakan ceramah bervariasi. Pembelajaran dengan ceramah bervariasi menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Secara klasikal ketuntasan belajar dengan pembelajaran tersebut belum mencapai ketuntasan yang optimal karena siswa yang tuntas belajar ≤85%. Pembelajaran materi perubahan lingkungan yang dilaksanakan belum mengaitkan materi dengan sikap peduli lingkungan. Padahal materi tersebut sangat cocok jika dikaitkan dengan sikap peduli lingkungan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan adalah PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran PBL materi perubahan lingkungan terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Petarukan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas. Dua kelas yang digunakan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 (kelas eksperimen) dan X MIPA 2 (kelas kontrol) dengan pengambilan sampel secara subjektif. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa proporsi kategori N-gain kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu siswa yang mendapatkan kategori tinggi pada kelas eksperimen sebanyak 15 siswa dan kelas kontrol sebanyak 2 siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen pada materi perubahan lingkungan 91,1% sedangkan pada kelas kontrol 75%. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan PBL mendapatkan skor sikap peduli lingkungan dengan kategori 100% sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran materi perubahan lingkungan model PBL lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ceramah bervariasi. Pembelajaran PBL juga dapat menumbuhkan sikap peduli llingkungan siswadi SMA Negeri 1 Petarukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, peduli lingkungan, perubahan lingkungan, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 15:48
Last Modified: 11 Aug 2020 15:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38084

Actions (login required)

View Item View Item