EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CONCEPT MAPPING PADA KEMAMPUAN ANALISIS SISWA SMA MATERI SISTEM IMUN


Ifah Saraswati, 4401414069 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CONCEPT MAPPING PADA KEMAMPUAN ANALISIS SISWA SMA MATERI SISTEM IMUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401414069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (561kB) | Preview

Abstract

Problem based learning adalah model pembelajaran yang ideal untuk memenuhi tujuan pendidikan abad ke-21. Konsep-konsep materi pembelajaran dapat dibangun melalui concept mapping (pembuatan peta konsep). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas model problem based learning berbantuan concept mapping pada kemampuan analisis (aspek membedakan, mengorganisasi, dan mengatribusi) siswa SMA materi sistem imun. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang dan SMA Kesatrian 1 Semarang, masing-masing dua kelas eksperimen. Desain penelitian yaitu pre-experimental, dengan jenis one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen yang dianalisis adalah soal pilihan ganda, lembar diskusi siswa, produk hasil belajar, dan keterlaksanaan pembelajaran. Kemampuan analisis di SMA Negeri 12 Semarang menunjukkan rata-rata 80% dengan ketuntasan klasikal kelas XI-MIPA 4 sebesar 84,2% dan kelas XI-MIPA 5 sebesar 76,4%. Rata-rata N-gain mencapai 0,4706 termasuk dalam kriteria sedang. Kemampuan analisis di SMA Kesatrian 1 Semarang menunjukkan rata-rata 73% dengan ketuntasan klasikal kelas XI-MIPA 1 sebesar 76,4% dan kelas XI-MIPA 2 sebesar 81%. Rata-rata N-gain mencapai 0,4426 termasuk dalam kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan concept mapping efektif meningkatkan kemampuan analisis siswa di SMA Negeri 12 Semarang dan SMA Kesatrian 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, concept mapping, kemampuan analisis, sistem imun
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 15:46
Last Modified: 11 Aug 2020 15:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38083

Actions (login required)

View Item View Item