MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI KARAKTERISTIK USAHA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SERTA INOVASI PRODUK PADA IKM SARUNG GOYOR DI KABUPATEN PEMALANG


Hany Sulistianah , 7311414123 (2018) MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI KARAKTERISTIK USAHA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SERTA INOVASI PRODUK PADA IKM SARUNG GOYOR DI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414123.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis di Indonesia semakin ketat seiring munculnya pengusaha-pengusaha baru baik dari dalam maupun luar negeri. Pelaku usaha dituntut untuk selalu menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik usaha, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik IKM Sarung Goyor di Kabupaten Pemalang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu seratus dua puluh responden. Metode pengumpulan data dengan kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) melalui program IBM SPSS AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik usaha mempengaruhi orientasi kewirausahaan, karakteristik usaha mempengaruhi inovasi produk, karakteristik usaha mempengaruhi kinerja pemasaran, inovasi produk mempengaruhi kinerja pemasaran, namun orientasi kewirausahaan tidak mempengaruhi inovasi produk dan kinerja pemasaran. Simpulan yang diperoleh adalah semakin besar karakteristik usaha yang dimiliki perusahaan serta semakin tinggi perusahaan menerapkan inovasi produk akan dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Faktor yang berpengaruh besar pada kinerja pemasaran adalah karakteristik usaha dan inovasi produk. Pemilik IKM Sarung Goyor Kabupaten Pemalang diharapkan lebih meningkatkan sikap proaktif yaitu dengan mencari peluang-peluang yang ada di pasar serta lebih giat untuk mempromosikan sarung goyor. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji variabel lain yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Usaha, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Aug 2020 14:46
Last Modified: 11 Aug 2020 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38081

Actions (login required)

View Item View Item