PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRODUCT KNOWLEDGE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI WORD OF MOUTH (STUDI PADA KONSUMEN ITS MILK DI KOTA SEMARANG)


Iin Nur Aisah , 7311414115 (2018) PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRODUCT KNOWLEDGE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI WORD OF MOUTH (STUDI PADA KONSUMEN ITS MILK DI KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414115.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Word of mouth memiliki peran penting dalam meningkatkan purchase decision yang didukung dengan store atmosphere yang unik dan menarik, product knowledge yang baik, dan brand image yang positif. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang berbeda, bahwa dengan adanya store atmosphere yang unik dan menarik, product knowledge yang baik, dan brand image yang positif tidak dapat meningkatkan word of mouth dan purchase decision terhadap perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, product knowledge, dan brand image terhadap purchase decicion serta membuktikan peran word of mouth sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen kafe Its Milk di Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Incidental Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 115. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan path analysis, dengan variabel penelitian meliputi store atmosphere, product knowledge, brand image, word of mouth, dan purchase decision. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel store atmosphere, product knowledge, dan brand image terhadap purchase decision dengan nilai signifikansi < 0,05. Sedangkan untuk pengujian intervening diperoleh nilai total pengaruh tidak langsung > pengaruh langsung, yaitu store atmosphere sebesar 0,1519 > 0,142, product knowledge sebesar 0,3427 > 0,327, dan brand image sebesar 0,5185 > 0,513. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel store atmosphere, product knowledge, dan brand image terhadap purchase decision secara langsung dan tidak langsung melalui word of mouth. Saran untuk kafe Its Milk adalah mendesain ulang store atmosphere secara berkala serta menjaga brand image yang baik perusahaan, sehingga bisa meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Bagi peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi purchase decision seperti celebrity endorser, sponsorship, harga, dan kualitas layanan, dan disarankan untuk meneliti pada lingkup objek lain yang lebih luas dan berbeda. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: store atmosphere, product knowledge, brand image, word of mouth, purchase decision.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:50
Last Modified: 11 Aug 2020 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38069

Actions (login required)

View Item View Item