“PENGARUH BRAND REPUTATION, BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI BRAND TRUST PADA PENGGUNA KARTU SIMPATI LOOP DI KOTA SEMARANG”


Pujiyanti , 7311414112 (2018) “PENGARUH BRAND REPUTATION, BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI BRAND TRUST PADA PENGGUNA KARTU SIMPATI LOOP DI KOTA SEMARANG”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen terhadap merek seperti brand reputation, brand experience dan brand trust. Namun ada beberapa penelitian yang menyatakan sebaliknya. Fenomena yang terjadi menunjukan bahwa terjadi fluktuatif penjualan pulsa dan paket internet kartu Simpati Loop di kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung brand reputation, brand Experience dan brand trust sebagai variabel intervening terhadap brand loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kartu Simpati Loop dikota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 107 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan path analysis dengan program SPSS versi 23 dimana variabel penelitian meliputi brand reputation, brand experience, brand trust dan brand loyalty. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand reputation tidak berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Namun, brand experience dan brand trust berpengaruh positif secara langsung terhadap brand loyalty dengan. Sedangkan untuk pengujian intervening diperoleh nilai total pengaruh tidak langsung > pengaruh langsung. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa brand reputation tidak berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Sedangkan brand experience berpengaruh positif secara langsung terhadap brand loyalty. Dalam uji Path Analysis variabel brand trust mampu memediasi brand reputation dan brand experience terhadap brand loyalt. Pada penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan serta menambah variabel lain seperti brand predictability, brand competence, brand liking atau variabel lain yang dapat menimbulkan rasa suka pada merek sehingga pelanggan tersebut berkeinginan untuk meyakini dan setia pada merek tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Brand Reputation, Brand Experience, Brand Trust dan Brand Loyalty
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:34
Last Modified: 11 Aug 2020 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38067

Actions (login required)

View Item View Item