KONTRIBUSI LEVERAGE, MARKET TO BOOK VALUE, FIRM SIZE, DAN CASH HOLDING TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TAHUN 2014-2016


Hariyati, 7311414108 (2018) KONTRIBUSI LEVERAGE, MARKET TO BOOK VALUE, FIRM SIZE, DAN CASH HOLDING TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TAHUN 2014-2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Suatu perusahaan yang melakukan perdagangan internasional akan dihadapkan oleh transaksi multinasional. Risiko terbesar dari transaksi multinasional adalah fluktuasi kurs valuta asing. Manajemen harus dapat mempunyai strategi yang ditimbulkan dengan melakukan keputusan hedging. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kontribusi leverage, market to book value, firm size, dan cash holding terhadap keputusan hedging, dan mengetahui berapa persentase hasil kecocokan model terhadap keputusan hedging. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016 sebanyak 143 perusahaan. Sampel penelitian sebanyak 378 selama periode 3 tahun dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis probit dengan menggunakan eviews 8. Variabel independen dalam penelitian ini adalah leverage, market to book value, firm size dan cash holding. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan hedging. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan cash holding tidak berpengaruh terhadap keputusan hedging, market to book value berpengaruh negatif terhadap keputusan hedging, firm size berpengaruh positif terhadap keputusan hedging. Kemampuan prediksi model terhadap keputusan hedging yaitu sebesar 90,48%. Simpulannya yaitu dari beberapa faktor-faktor internal yang dapat mempengaruhi keputusan hedging adalah variabel market to book value dan firm size yang memiliki pengaruh terhadap keputusan hedging, sedangkan leverage dan cash holding tidak berpengaruh terhadap keputusan hedging. Saran bagi perusahaan adalah dalam pengambilan keputusan hedging harus memperhatikan ukuran perusahaan karena variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan hedging, sehingga kenaikan atau penurunan dari variabel tersebut akan mempengaruhi keputusan hedging secara liniear. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menambahkan periode penelitian dan variabel penelitian atau mencoba menggunakan indikator pengukuran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Leverage, Market to Book Value, Firm Size, Cash Holding, Hedging, Manajemen Risiko
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:57
Last Modified: 11 Aug 2020 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38065

Actions (login required)

View Item View Item