PENGARUH KOMPENSASI, KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KEINGINAN KELUAR KARYAWAN PT PROPAN RAYA SEMARANG


Maisarah, 7311414099 (2018) PENGARUH KOMPENSASI, KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KEINGINAN KELUAR KARYAWAN PT PROPAN RAYA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414099.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia merupakan hal yang berharga bagi suatu organisasi, mereka merupakan tombak yang mempengaruhi kelangsungan hidup suatu organisasi. Namun, pada realita yang ada organisasi masih sulit untuk mempertahankan SDM, hal tersebut timbul akibat adanya keinginan keluar dari karyawan. Keinginan keluar karyawan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kompensasi, kepuasan kerja, komitmen otrganisasional dan kualitas kehidupan kerja.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi, kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kualitas kehidupan kerja terhadap keinginan keluar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT Propan Raya Semarang sejumlah 130. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner penelitian, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 98 karyawan. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara variabel penelitian kompensasi, kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kualitas kehidupan kerja terhadap keinginan keluar karyawan yang memiliki pengaruh yang negatif , dimana pada kompensasi terhadap keinginan keluar terdapat pengaruh yang negatif signifikan (0,037< 0,05), terdapat pengaruh negatif yang signifikan kepuasan kerja pada keinginan keluar (0,02< 0,05), terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan komitmen organisasional pada keinginan keluar (0,033< 0,05) serta kualitas kehidupan kerja pada keinginan keluar (0,029< 0,05) memiliki pengaruh negatif yang signifikan. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa tingkat keinginan keluar yang dimiliki oleh karyawan dipengaruhi oleh tingkat kompensasi, kepuasan kerja, komitmen organisasional serta kualitas kehidupan kerja karyawan ketika berada di perusahaan. Semakin tinggi atau semmakin baik kompensasi, kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kualitas kehidupan kerja karyawan maka akan semakin rendah keinginan keluar karyawan terhadap organisasi yang dinaungi, saran bagi perusahaan agar dapat memberikan kebijakan terkait 4 faktor yang dapat mengurangi niat dan keinginan keluar karyawan pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompensasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Kualitas Kehidupan Kerja, Keinginan Keluar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Aug 2020 22:47
Last Modified: 10 Aug 2020 22:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38059

Actions (login required)

View Item View Item