PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, NILAI DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PENUMPANG BRT TRANS SEMARANG


Gunawan Jati Utomo, 7311414098 (2018) PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, NILAI DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PENUMPANG BRT TRANS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414098.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (933kB) | Preview

Abstract

Dalam pemasaran, persepsi lebih penting daripada realitas, karena persepsi konsumen mempengaruhi perilaku aktual konsumen. Keputusan seseorang dalam melakukan perilaku didasarkan pada sikap (sikap terhadap perilaku) dan norma subjektif. Faktor utama penentu timbulnya kepuasan konsumen adalah persepsi pelanggan terhadap kualitas jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Persepsi Kualitas, Nilai, Harga, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan secara parsial; (2) Pengaruh Persepsi Kualitas, Nilai, dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif pada BRT TransSemarang. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang BRT TransSemarang. Sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling, dengan responden sebanyak 400 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh Persepsi Nilai, Persepsi Harga, dan Kepuasan Konsumen berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, sedangkan Persepsi Kualitas tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Persepsi Kualitas, Persepsi Nilai, dan Persepsi Harga berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Konsumen. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa Persepsi Kualitas, Nilai, dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Persepsi Nilai dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, namun Persepsi Kualitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Dalam uji Path Analysis variable Kepuasan Konsumen mampu memediasi pengaruh antara Persepsi Kualitas, Nilai dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan. Pada penelitian ini disarankan pada peneliti selanjutnya dapat melakukan atau memperdalam penelitian kembali untuk variabel Persepsi Kualitas terhadap Loyalitas Pelanggan dan lebih memfokuskan penelitian pada salah satu atau beberapa koridor saja. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kualitas, Persepsi Nilai, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Pelanggan, BRT TransSemarang
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Aug 2020 22:38
Last Modified: 10 Aug 2020 22:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38058

Actions (login required)

View Item View Item