PENGARUH KEMAMPUAN ADAPTASI DAN PERILAKU KERJA INOVATIF PADA LUARAN INOVATIF DENGAN DINAMIKA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Azalila Noor Malasari , 7311414091 (2018) PENGARUH KEMAMPUAN ADAPTASI DAN PERILAKU KERJA INOVATIF PADA LUARAN INOVATIF DENGAN DINAMIKA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Inovasi menjadi salah satu aspek penting bagi keberlangsungan organisasi dalam jangka panjang. Dalam konteks inovasi terdapat istilah luaran inovatif yang merupakan konsekuensi dari pengenalan inovasi yang mengarah pada hasil yang dicapai untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Konsep luaran inovatif telah menjadi kriteria kompetitif utama bagi perusahaan. Meningkatnya luaran inovatif usaha yang dijalankan oleh pelaku bisnis disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kemampuan adaptasi pelaku bisnis, perilaku kerja inovatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran kemampuan adaptasi dan perilaku kerja inovatif pada luaran inovatif dengan dinamika lingkungan sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini yaitu pelaku UMKM di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik multi-stage sampling dengan jumlah sampel sebanyak 201 responden. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi dengan menggunakan perangkat lunak WarpPLS 6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan adaptasi dan perilaku kerja inovatif pelaku UMKM mempunyai pengaruh positif terhadap luaran inovatif yang dihasilkan. Selain itu dinamika lingkungan memoderasi pengaruh perilaku kerja inovatif pada luaran inovatif, namun dinamika lingkungan tidak memoderasi pengaruh kemampuan adaptasi pada luaran inovatif. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa kemampuan adaptasi dan perilaku kerja inovatif pelaku UMKM dapat meningkatkan luaran inovatif yang dihasilkan, dinamika lingkungan yang tinggi dapat memperkuat pengaruh perilaku kerja inovatif pada luaran inovatif, namun dinamika lingkungan yang tinggi tidak memoderasi pengaruh kemampuan adaptasi pada luaran inovatif. Saran untuk para pelaku UMKM adalah meningkatkan kemampuan adaptasi dengan mengontrol diri untuk merespon fitur lingkungan bisnis dengan menganalisis pergerakan lingkungan untuk menghadapi kompleksitas bisnis serta meningkatkan perilaku kerja inovatif dengan menghasilkan ide-ide kreatif untuk peningkatan operasional usaha dengan mengikuti pelatihan-pelatihan kewirausahaan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Adaptasi, Perilaku Kerja Inovatif, Luaran Inovatif, Dinamika Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Aug 2020 22:13
Last Modified: 10 Aug 2020 22:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38056

Actions (login required)

View Item View Item