STUDI KOMPARASI TENTANG PEMBELAJARAN DIDALAM KELAS DAN DI LUAR KELAS PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SOSIAL DAN GLOBALISASI KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI TAHUN 2018


Lintang Okta Nuzulia , 3201412095 (2019) STUDI KOMPARASI TENTANG PEMBELAJARAN DIDALAM KELAS DAN DI LUAR KELAS PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SOSIAL DAN GLOBALISASI KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI TENTANG PEMBELAJARAN DIDALAM KELAS DAN DI LUAR KELAS PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SOSIAL DAN GLOBALISASI KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI TAHUN 2018]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI TENTANG PEMBELAJARAN DIDALAM KELAS DAN DI LUAR KELAS PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SOSIAL DAN GLOBALISASI KELAS IX DI SMP NEGERI 2 TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI TAHUN 2018) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kegiatan pembelajaran siswa di dalam kelas materi perubahan sosial dan globalisasi kelas IX SMP Negeri 2 Tlogowungu, tujuan kedua mengetahui kegiatan pembelajaran siswa di luar kelas materi perubahan sosial dan globalisasi kelas IX SMP Negeri 2 Tlogowungu, dan tujuan yang ketiga mengenalisa perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran di luar kelas dan di dalam kelas dengan materi perubahan sosial dan globalisasi kelas IX di SMP Negeri 2 Tlogowungu Kabupaten Pati. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, instrument dan angket, wawancara. Hasil penilaian penelitian ini menggunakan Deskriptif persentase, tabel distribusi frekuensi, tabel silang dan tabel chi square, bertujuan untuk mengetahui hasil persentase dan perbandingan setiap penilaian. Hasil penelitian menunjukkan penilaian pembelajaran di dalam kelas sebagai berikut, untuk penilaian kognitif memiliki rata – rata persentase 65% dikategorikan dalam kriteria nilai baik, untuk penilaian afektif memiliki rata – rata 71% dikategorikan dalam kriteria nilai baik, dan untuk penilaian psikomotorik memiliki rata – rata 77% dikategorikan dalam nilai sangat baik. Hasil penilaian pembelajaran di luar kelas sebagai berikut, untuk penilaian kognitif memiliki rata – rata persentase 66% dikategorikan dalam kriteria nilai baik, untuk penilaian afektif memiliki rata – rata 82% dikategorikan dalam kriteria nilai sangat baik, dan untuk penilaian psikomotorik memiliki rata – rata persentase 81% dikategorikan dalam kriteria nilai sangat baik. Simpulan, pembelajaran IPS yang dilakukan memiliki banyak perbedaan, pembelajaran di luar kelas secara menyeluruh memiliki presentase penilaian yang sangat baik. Saran, untuk pembelajaran di luar kelas sebaiknya sering diterapkan, ini bertujuan agar siswa berinteraksi langsung, sedangkan pembelajaran di dalam kelas sebaiknya guru tidak hanya memakai metode konvensional, hal ini dilakukan untuk mengurangi kejenuhanan yang dihadapi siswa saat pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Pembelajaran Di Dalam Kelas, Pembelajaran Diluar Kelas
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Aug 2020 13:35
Last Modified: 10 Aug 2020 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38049

Actions (login required)

View Item View Item