IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2017


Arinta Yuni Astanti , 3201412069 (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2017]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2017) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: Mengetahui implementasi pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar; Mengetahui kesesuaian perangkat pembelajaran (Silabus dan RPP) dengan prinsip Standart Proses Kurikulum 2013; Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Sragen tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di semua SMA Negeri se-Kabupaten Sragen yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian adalah semua guru geografi yang ada di sekolah tersebut dengan jumlah 15orang guru dan semua siswa kelas X IPS dengan jumlah 784 siswa. Sampel guru berjumlah 15 orang dengan teknik total sampling, sedangkan sampel siswa sebanyak 117 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 oleh guru geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Sragen dari perangkat perencanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase skor 81,25% dengan kriteria sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata skor 76,39% dengan kriteria baik. Evaluasi hasil belajar geografi diperoleh rata-rata skor 77,43% dengan kriteria sangat baik. Selain itu dari hasil wawancara diketahui bahwa fasilitas, sumber belajar, dan sosialisasi kurikulum 2013 sangat menentukan keberhasilan implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri Se-Kabupaten Sragen. Kesimpulannya bahwa implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Sragen tahun 2017 yakni sudah baik. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum ini secara keseluruhan terletak pada sarana dan prasarana sekolah, karena setiap sekolah mempunyai keterdesediaan sarana dan prasarana masing-masing. Terdapat perbedaan kualitas pembelajaran dan pengajaran. Sekolah yang berada dipusat kota cenderung lebih maju dalam beberapa hal misalnya dari segi pelaksanaan pembelajaran yang ditunjang dengan fasilitas pembelajaran yang cukup memadai, kreativitas guru, tenaga pendidik yang berkompeten, dan siswa yang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan, sebaiknya guru menerapkan metode media dan sumber belajar secara optimal dan lebih bervariasi agar peserta didik dapat terbiasa dengan model pembelajaran pada kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Geografi, Implementasi Kurikulum 2013
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Aug 2020 13:22
Last Modified: 10 Aug 2020 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38046

Actions (login required)

View Item View Item