“Pengaruh Store Atmosphere dan Shopping Emotion Terhadap Customer Loyalty dengan Purchase Decision sebagai Variabel Intervening”


Apriliana Arinawati , 7311414081 (2018) “Pengaruh Store Atmosphere dan Shopping Emotion Terhadap Customer Loyalty dengan Purchase Decision sebagai Variabel Intervening”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung store atmosphere dan shopping emotion terhadap customer loyalty dengan menggunakan variabel purchase decision sebagai variabel mediasi. Customer loyalty mendorong perilaku konsumen untuk setia terhadap perusahaan. Peran perchase decision dipengaruhi oleh store atmosphere dan shopping emotion yang merupakan faktor untuk menciptakan serta mempertahankan customer loyalty. Tanpa adanya ikatan hubungan emosional maka pelanggan tidak akan melakukan purchase decision dan bersikap loyal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan supermarket Trio Plaza Magelang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample dengan jumlah 110 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis jalur path (path analysis) dengan variabel penelitian meliputi store atmosphere, shopping emotion, purchase decision dan customer loyalty. Hasil penelitian menujukkan bahwa store atmosphereberpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Namun, shopping emotion tidak signifikan terhadap customer loyalty. Hasil uji analisis path diperoleh hasil bahwa purchase decision mampu memediasi hubungan antara store atmosphere dan shopping emotion terhadap customer loyalty. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa store atmosphere berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty, sedangkan shopping emotion tidak signifikan terhadap customer loyalty. Purchase decision memiliki peran sebagai variabel intervening antara store atmosphere dan shopping emotion terhadap customer loyalty. Saran bagi perusahaan agar lebih mmembangun ikatan hubungan emosional dengan pelanggan. Bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti jenis ritel lain serta dapat menambahkan variabel dan/ atau indikator baru untuk memperkaya model maupun menjawab permasalahan dan keterbatasan yang terjadi pada penelitian ini. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Consumer Behaviour, Store Atmosphere, Shopping Emotion, Purchase Decision, Customer Loyalty.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Aug 2020 01:16
Last Modified: 10 Aug 2020 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38044

Actions (login required)

View Item View Item