PENGARUH LIFESTYLE, CONSUMER ETHNOCENTRISM, DAN PRODUCT QUALITY, TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN PURCHASE INTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT UNGGUL JAYA DI KOTA PEKALONGAN


Sirly Amri , 7311414075 (2018) PENGARUH LIFESTYLE, CONSUMER ETHNOCENTRISM, DAN PRODUCT QUALITY, TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN PURCHASE INTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT UNGGUL JAYA DI KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dasar strategi pemasaran sebuah perusahaan adalah mempelajari perilaku konsumen, perilaku konsumen mencakup proses pengambilan keputusan konsumen. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti gaya hidup, etnosentrisme konsumen, dan kualitas produk. Sebelum adanya keputusan pembelian konsumen memiliki minat terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung lifestyle, consumer ethnocentrism, product quality dan purchase intention sebagai variabel intervening terhadap purchase decision. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen batik Unggul Jaya di Kota Pekalongan. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui dengan pasti jumlahnya sehingga perhitungan sampel dilakukan dengan menggunakan metode iterasi dan diperoleh sampel sebanyak 116 responden melalui teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan path analysis dengan program SPSS versi 23 dimana variabel penelitian meliputi gaya hidup, etnosentrisme konsumen, kualitas produk, minat beli dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya hidup, etnosentrisme konsumen, kualitas produk dan minat beli berpengaruh positif secara langsung terhadap keputusan pembelian. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa gaya hidup, etnosentrisme konsumen, kualitas produk dan minat beli berpengaruh positif secara langsung terhadap keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini yaitu gaya hidup, etnosentrisme konsumen, kualitas produk, minat beli berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dalam uji path analysis variabel minat beli mampu memediasi gaya hidup, etnosentrisme konsumen, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini disarankan bagi perusahaan dapat melakukan survey mengenai trend fashion saat ini, meningkatkan kegiatan tentang pelestarian penggunaan batik dan meningkatkan kualitas produk sehingga dapat meningkatkan minat beli dan keputusan pembelian. Bagi peneliti selanjutnya juga diharapkan untuk dapat menambahkan variabel dan/atau indikator baru seperti sikap produk,harga dan promosi untuk memperkaya model maupun menjawab permasalahan-permasalan dan keterbatasan yang terjadi pada penelitian ini. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lifestyle, Consumer Ethnocentrism, Product Quality, Purchase Decision dan Purchase Intention.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Aug 2020 22:40
Last Modified: 09 Aug 2020 22:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38039

Actions (login required)

View Item View Item