PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-ATLAS BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI STRUKTUR SEL DI SMA N 1 KANDANGSERANG
Diah Agung Setiawati, 4401414067 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-ATLAS BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI STRUKTUR SEL DI SMA N 1 KANDANGSERANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (650kB) | Preview |
Abstract
Sel merupakan salah satu materi yang dianggap sulit karena tidak dapat dilihat secara langsung oleh siswa sehingga memerlukan visualisasi gambar secara detail untuk menjelaskan struktur maupun proses yang terjadi di dalamnya. Kondisi di sekolah, media dengan visualisasi yang memadai untuk mempelajari struktur dan fungsi sel masih sangat minim dijumpai. Media yang digunakan di sekolah berupa buku modul dan buku paket namun belum dilengkapi dengan gambar-gambar yang menampilkan struktur sel secara baik. Media yang dapat membantu dalam mengatasi masalah tersebut salah satunya adalah media berbasis mobile learning, karena dapat ditampilkan gambar yang lebih jelas dan menarik serta dapat disertai dengan animasi atau video. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mobile learning berupa E-atlas struktur dan fungsi sel. Penelitian ini merupakan desain penelitian research and development (R&D) dengan tahapan identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala besar, revisi produk dan produk final. Media E-atlas kemudian dianalisis kelayakannya sebagai media pembelajaran sel di SMA N 1 Kandangserang. Validasi media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi sedangkan uji skala kecil dilakukan oleh guru dan 15 siswa Kelas XI Tahun Ajaran 2017/2018. Pada uji coba skala besar sampel yang digunakan adalah siswa Kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 Tahun Ajaran 2018/2019. Media yang dihasilkan berupa E-atlas sebagai media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi android, media ini berisi lebih banyak gambar yang dilengkapi dengan keterangan gambar serta video untuk melengkapi media, gambar disajikan secara urut dan logis sehingga memudahkan dalam memahami materi. Hasil penilaian validasi media E-atlas struktur dan fungsi sel oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 90% (sangat layak), oleh ahli media mendapatkan 91,07% (sangat layak), tanggapan guru mendapatkan nilai 82,69% (sangat baik) dan tanggapan siswa mendapatkan nilai 84,23% (sangat baik). Efektivitas belajar yang dilihat dari hasil belajar siswa berdasarkan nilai pre test dan post test menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan dengan rata-rata N-gain sebesar 0,72 (tinggi). Selain itu, Media ini membantu siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diketahui dengan hasil persentase keaktifan klasikal siswa sebesar 86,8%. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media E-atlas berbasis mobile learning yang layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-atlas, mobile learning, pengembangan, struktur dan fungsi sel |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 11:34 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 11:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38038 |
Actions (login required)
View Item |