PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X MELALUI GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN INSTAGRAM PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Khanifah, 4401414065 (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X MELALUI GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN INSTAGRAM PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) mendorong siswa untuk mampu bekerjasama yang merupakan bekal mencapai keterampilan berpikir kritis.Penggunaan Instagram dapat memfasilitasi siswa untuk mengajukan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, serta menganalisis korelasi keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan melalui GI berbantuan Instagram. Desain penelitian ini yaitu Pretesst-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Kejobong. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas penelitian ini yaitu penerapan model GI berbantuan Instagram, dan variabel terikatnya yaitu keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Data diambil menggunakan lembar observasi keterampilan berpikir kritis, soal tes kemampuan berpikir kritis, angket penilaian sikap, lembar observasi pembuatan produk daur ulang limbah, lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket tanggapan siswa, dan pedoman wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase penilaian keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen pada pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa selama tiga pertemuan untuk kelas eksperimen sebanyak 14,4%, sedangkan kelas kontrol sebanyak 11,4%. Selain itu, hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol berdasarkan analisis uji t pihak kanan. Keterampilan berpikir kritis berkorelasi tinggi dengan hasil belajar kognitif, namun berkorelasi sangat rendah dengan hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen selama tiga pertemuan dengan kriteria sangat baik. Jumlah siswa yang memberikan respon tertarik terhadap penerapan model paling banyak, sedangkan paling sedikit menunjukan respon cukup tertarik untuk pelaksanaan model pembelajaran GI berbantuan Instagram. Guru menunjukan respon positif terkait pelaksanaan model pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran GI berbantuan instagram meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, serta terdapat korelasi yang tinggi antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, instagram, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 11:33 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 11:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38037 |
Actions (login required)
View Item |