PENGEMBANGAN NERVOUS PROBLEM BASED MODULE BERKARAKTER KONSERVASI MATERI SISTEM SARAF DI SMA


Reefa Qudsiya, 4401414058 (2018) PENGEMBANGAN NERVOUS PROBLEM BASED MODULE BERKARAKTER KONSERVASI MATERI SISTEM SARAF DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401414058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar sistem saraf yang tersedia di sekolah banyak memuat teori, sedikit menyinggung fenomena yang ada di kehidupan sehari-hari dan belum memuat konten penguatan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Nervous Problem Based Module berkarakter konservasi sebagai suplemen pembelajaran sistem saraf. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan sepuluh langkah mengikuti Sugiyono. Nervous Problem Based Module berkarakter konservasi divalidasi oleh pakar materi sistem saraf dan media modul. Uji keterbacaan modul melibatkan sepuluh siswa. Penerapan modul untuk uji keefektifan dilakukan di kelas XI MIPA. Kelayakan Nervous Problem Based Module menurut penilaian pakar materi dan media mendapat hasil sangat layak. Uji keterbacaan mendapatkan hasil Nervous Problem Based Module berkarakter konservasi sangat valid. Keefektifan Nervous Problem Based Module berkarakter konservasi mendapat hasil efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil angket sikap konservasi siswa mendapatkan hasil kriteria cukup tinggi sampai sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa adanya penyisipan pendidikan karakter konservasi di modul dapat membantu menguatkan karakter siswa. Dapat disimpulkan Nervous Problem Based Module berkarakter konservasi layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran sistem saraf.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, konservasi, modul, Problem Based Learning
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 11:31
Last Modified: 11 Aug 2020 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38035

Actions (login required)

View Item View Item