KEEFEKTIFAN PjBL DIORAMA EKOSISTEM BERPENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA


Ratih Kurniyanti, 4401414034 (2018) KEEFEKTIFAN PjBL DIORAMA EKOSISTEM BERPENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401414034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran materi Ekosistem di MAN Kendal sesuai jika dilakukan dengan model pembelajaran berbasis proyek pembuatan diorama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan Project Based Learning diorama ekosistem berpendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa, dan menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa dalam pembelajaran PjBL diorama ekosistem berpendekatan JAS. Metode penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain pretest and posttest one group design. Nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis sebesar 84,96 dan posttest kreativitas sebesar 84,50. Ketuntasan belajar secara klasikal menunjukkan hasil “Tinggi”, angka ketuntasan klasikal posttest kemampuan berpikir kritis dan kreativitas adalah sama, yaitu sebesar 89,21%. Rerata N-gain pada nilai tes kemampuan berpikir kritis dan kreativitas pada kriteria “Tinggi”. N-gain kemampuan berpikir kritis pada kategori “Tinggi” sebesar 66,66% dan N-gain kreativitas pada kategori “Tinggi” sebesar 79,42 %. Hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata (satu pihak kanan) pada tes kemampuan berpikir kritis memiliki ttabel 1,97 < thitung 20,89 dan tes kreativitas memiliki ttabel 1,97 < thitung 31,80, menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pencapaian pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa PjBL diorama ekosistem berpendekatan JAS efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas menunjukkan nilai relasi sebesar 0,38, memiliki kriteria “Rendah”, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa dalam pembelajaran PjBL diorama ekosistem berpendekatan JAS adalah rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: diorama ekosistem, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, pendekatan jelajah alam sekitar, project based learning.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 11:29
Last Modified: 11 Aug 2020 11:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38032

Actions (login required)

View Item View Item