KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING DAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR PADA MATERI EKOSISTEM DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH PATI JAWA TENGAH


Nur Zumroh, 4401413016 (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING DAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR PADA MATERI EKOSISTEM DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH PATI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Pati Jawa Tengah tahun ajaran 2017/2018, diketahui bahwa kegiatan laboratorium dan pemanfaatan lingkungan sekitar belum dilakukan sepenuhnya dalam pembelajaran biologi. Akibatnya, hasil belajar dan aktivitas siswa kurang optimal. Masalah tersebut diprediksi dapat diatasi dengan model pembelajaran Window Shopping (WS) dan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Window Shopping dan pendekatan JAS pada materi ekosistem di Madrasah Aliyah Salafiyah Pati Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experimental menggunakan Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah Sembilan kelas X MA Salafiyah Pati Jawa Tengah. Sampel penelitian sebanyak tiga kelas yaitu kelas XE dengan ceramah, XF menggunakan JAS yang disertai WS, dan XG dengan JAS tanpa WS. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian berupa hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar kognitif diukur dengan pretest dan posttest, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik diukur dengan observasi. Data hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji N-gain, ketuntasan klasikal, uji anava, dn uji lanjut BNT (Beda Nyata Terkecil). Data hasil belajar afektif dan psikomotorik dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal WS dan JAS paling tinggi dibanding kelas lain. Hasil uji anava signifikan. Hasil uji BNT kelas WS dan JAS paling tinggi secara signifikan dibandingkan kelas lain. Rata-rata N gain kelas WS dan JAS termasuk kategori tinggi, sedangkan kelas JAS saja dan kelas kontrol termasuk kategori sedang. Siswa kelas WS dan JAS, kelas JAS saja, dan kelas kontrol mendapatkan nilai sikap sosial dan psikomotorik dengan kriteria sangat baik. Namun, jumlah siswa yang memperoleh kriteria sangat baik pada kelas WS dan JAS lebih tinggi dibandingkan kelas lain. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran WS dan JAS pada materi ekosistem di MA Salafiyah Pati Jawa Tengah efektif meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 96,96%, N gain termasuk kategori tinggi, dan lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas lain, serta meningkatkan hasil belajar afektif dan psikomotorik termasuk kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, materi ekosistem, pendekatan JAS, Window Shopping
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 11:27
Last Modified: 11 Aug 2020 11:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38030

Actions (login required)

View Item View Item