PENGARUH PENGGUNAAN SCIENCE REFLECTIVE JOURNAL WRITING DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERPENDEKATAN JAS TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA SMA MATERI SISTEM REPRODUKSI


Esky Purba Septina, 4401413015 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN SCIENCE REFLECTIVE JOURNAL WRITING DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERPENDEKATAN JAS TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA SMA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Science reflective journal writing dalam pembelajaran berbasis masalah berpendekatan JAS untuk mengetahui kemampuan metakognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Jenis penelitian ini menggunakan One shot case study. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pemalang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 dengan jumlah siswa yaitu 80. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas (Science Reflective Journal Writing dalam Pembelajaran Berbasis Msalah berpendekatan JAS), variabel terikat (kemampuan metakognitif, aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa), dan variabel kontrol (guru, materi pelajaran). Jenis data yang akan diteliti meliputi data nilai kemampuan metakognitif siswa, aktivitas dan hasil belajar siswa, serta tanggapan siswa dan guru terhadap pembelajaran yang diterapkan. Kemampuan metakognitif siswa diukur menggunakan instrumen Science Reflective Journal Writing yang dibuat siswa setiap akhir pembelajaran sebanyak lima kali Aspek kemampuan metakognitif yang hendak diukur pada penelitian ini adalah describe, interpret, evaluate, plan. Selain itu hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan instrumen soal posttest dengan 30 soal pilihan ganda dan lembar diskusi siswa (LDS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Science Reflective Journal Writing dalam pembelajaran berbasis masalah berpendekatan JAS pada materi sistem reproduksi memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan metakognitif siswa. Kemampuan metakognitif siswa SMA Negeri 2 Pemalang termasuk dalam kategori baik dengan persentase 76%, selain itu juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dengan ketuntasan belajar klasikal ≥ 75% dan aktivitas siswa dengan rentang 62,51% - 81,25% tergolong aktif. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan metakognitif siswa di SMA Negeri 2 Pemalang dengan menggunakan Science Reflective Journal Writing dalam Pembelajaran Berbasis Masalah berpendekatan JAS termasuk dalam kategori baik > 60% pada aspek describe, interpret, evaluate, plan dan berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif, kemampuan metakognitif, pembelajaran berbasis masalah berpendekatan JAS, Science Reflective Journal Writing.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 11:25
Last Modified: 11 Aug 2020 11:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38029

Actions (login required)

View Item View Item