PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA KEGIATAN PRAKTIKUM FUNGI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Riska Damayanti, 4401413005 (2018) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA KEGIATAN PRAKTIKUM FUNGI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (475kB) | Preview |
Abstract
Kelas Zygomycota dan Ascomycota merupakan fungi yang berukuran kecil jadi, dalam mengelompokkan fungi perlu adanya praktikum untuk mengamati. Alat dan bahan di sekolah untuk mengamati fungi tidak memadai. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan praktikum fungi dan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang mampu mengembangkan keterampilan Proses Sains Siswa, sehingga guru dan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran materi fungi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa setelah pembelajaran praktikum fungi dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian preexperimental design dengan desain one-shot case study. Tingkat pemahaman siswa diperoleh berdasarkan hasil skor keterampilan proses siswa yaitu keterampilan mengamati dan melakukan percobaan yang mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Nilai untuk keterampilan mengamati kelas X.MIA.1 dan X.MIA.3 berturut turut adalah 85% dan 91%, nilai untuk keterampilan melakukan percobaan siswa kelas X.MIA 1 dan X.MIA.3 berturut turut adalah 85,7% dan 88,5% Pemahaman tentang materi fungi siswa dapat dikatakan berhasil dalam kegiatan pembelajaran praktikum Fungi yaitu dengan ketuntasan klasikal diatas 85%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fungi, keterampilan proses sains, LKS berbasis inkuiri terbimbing, praktikum siswa |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 11:19 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 11:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38025 |
Actions (login required)
View Item |