PENGEMBANGAN MULTIMEDIA FLASH DAN ULAR TANGGA BIOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SEKOLAH MENEGAH PERTAMA


Bagus Indera Negara, 4401411141 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA FLASH DAN ULAR TANGGA BIOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SEKOLAH MENEGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411141.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (555kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk flash dan ular tangga biologi pada materi sistem pencernaan manusia di SMP yang teruji kelayakan penggunannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) terdiri dari tahap identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain story board flash dan ular tangga biologi, validasi desain multimedia flash dan ular tangga biologi, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi tahap 1, uji coba skala luas, revisi tahap 2, produk final. Tahap uji skala kecil dilaksanakan di kelas VIII C dan uji skala besar dilaksanakan pada seluruh peserta didik kelas VIII H di SMP Negeri 19 Semarang. Hasil validasi oleh ahli media yang memberi penilaian dengan kriteria sangat layak 92% untuk multimedia flash dan 89% ular tangga biologi, validasi oleh ahli materi yang memberikan penilaian dengan kriteria layak dengan persentase 81% untuk multimedia flash dan 78% untuk ular tangga biologi kategori layak , dan validasi oleh guru yang memberi penilaian dengan kriteria baik 71% untuk multimedia flash dan 70% ular tangga biologi. Sedangkan semua peserta didik pada uji kecil maupun uji luas memberikan penilaian sangat baik >75%. Hasil belajar peserta didik menggunakan teka-teki silang pada multimedia flash dan penugasan rumah menghasilkan penilaian tuntas >90%, Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa flash dan ular tangga biologi layak digunakan sebagai media pembelajaran dan berhasil meningkatkan hasil belajar pesrta didik ada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 19 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan, Flash, Ular Tangga, Materi Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 11:17
Last Modified: 11 Aug 2020 11:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38022

Actions (login required)

View Item View Item