SIKAP ILMIAH, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FUNGI MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBASIS BIOEDUTAINMENT


Dewi Widyaningrum, 4401411083 (2018) SIKAP ILMIAH, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FUNGI MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBASIS BIOEDUTAINMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran aktif siswa dalam belajar mengajar diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Predict Observe Explain (POE) merupakan metode yang memiliki tahapan pembelajaran untuk memicu partisipasi siswa. Karakterisitik siswa kelas VII yang masih senang bermain mendasari penggunaan model bioedutainment untuk mengakomodasi siswa agar belajar dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan penerapan metode POE berbasis bioedutainment pada materi fungi terhadap aktivitas, sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experiment Design, dengan menggunakan pola One-shot case study. Populasi penelitian terdiri atas seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Secang yang terdiri atas 7 kelas dengan 1 kelas sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling.Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif dan afektif yang diukur menggunakan teknik tes dan non tes. Data tanggapan siswa diambil dengan angket, untuk tanggapan guru menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian yang didapat yaitu persentase keaktifan siswa sebesar 83%, presentase sikap ilmiah 70% penelitian ini efektif karena ≥ 70% siswa aktif dan memiliki sikap ilmiah baik, data hasil belajar menunjukkan bahwa ketuntasan siswa mencapai 70% dengan nilai rata-rata 80, menandakan bahwa penelitian ini efektif karena ≥ 70% siswa memperoleh nilai ≥ KKM 75. Persentase tanggapan siswa sebanyak 90% siswa menyatakan setuju dan menyukai metode POE berbasis bioedutainment. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode POE berbasis bioedutainment efektif diterapkan pada fungi kelas VII terhadap aktivitas, sikap ilmiah dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Predict Observe Explain, bioedutainment, hasil belajar siswa, sikap ilmiah, fungi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 11:10
Last Modified: 11 Aug 2020 11:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38018

Actions (login required)

View Item View Item