KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES


Bayu Kurniawan, 4401411055 (2018) KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Gaya belajar menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar, akan tetapi sampai saat ini faktor gaya belajar belum terlalu diperhatikan dalam proses pembelajaran terutama oleh mahasiswa itu sendiri. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan terhadap 66 mahasiswa Biologi dari berbagai angkatan, hanya 23 mahasiswa yang menganggap bahwa gaya belajar sebagai faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar, yang artinya kesadaran terhadap faktor gaya belajar masih relatif kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil gaya belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA UNNES dan korelasinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional yang menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mendapatkan data gaya belajar mahasiswa dan metode dokumentasi untuk mendapatkan data IPK mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui profil gaya belajar mahasiswa, uji korelasi untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa, dan uji regresi untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menemukan tujuh macam kecenderungan gaya belajar pada mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2015 yang meliputi gaya belajar visual 53,68%, kemudian gaya belajar kinestetik 21,05%, gaya belajar visual kinestetik 11,58%, gaya belajar auditori 6,32%, gaya belajar auditori kinestetik 3,16%, gaya belajar visual auditori 2,11% dan gaya belajar visual auditori dan kinestetik 2,11%.Hasil uji korelasi gaya belajar dengan prestasi belajar diperoleh nilai koefisien dan keeratan korelasi yang sangat rendah. Hasil uji regresi baik secara parsial maupun secara bersama-sama menunjukkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh signifikan dengan prestasi belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya; bakat, motivasi, kondisi fisik, psikologis, emosi, lingkungan, dan pendekatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, prestasi belajar, mahasiswa biologi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 11:07
Last Modified: 11 Aug 2020 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38016

Actions (login required)

View Item View Item