PENERAPAN STRATEGI BIOEDUTAINMENT BERBANTUAN KARTU UNO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA INSTITUT INDONESIA


Irma Khomsah, 4401411045 (2018) PENERAPAN STRATEGI BIOEDUTAINMENT BERBANTUAN KARTU UNO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA INSTITUT INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Invertebrata merupakan salah satu materi pada mata pelajaran biologi yang diajarkan di kelas X. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa menunjukkan bahwa 53% siswa merasa kesulitan memahami materi invertebrata. Hal ini dibuktikan dari data hasil ulangan harian siswa tahun ajaran 2015/2016 yaitu sebanyak 75 siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Ketuntasan yang dicapai oleh siswa hanya sebesar 13,4%. Salah satu penyebabnya adalah siswa tidak tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, dalam penyampaian materi invertebrata membutuhkan suatu strategi pembelajaran bioedutainment berbantuan kartu uno. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh perbedaan penggunaan strategi bioedutaiment berbantuan kartu uno terhadap hasil belajar kognitif siswa, serta menganalisis aktivitas siswa terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group yang dilaksanakan di kelas X SMA Institut Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.4 (kelas eksperimen) dan X.5 (kelas kontrol). Hasil persentase dan analisis uji t menunjukkan bahwa penerapan strategi bioedutaiment berbantuan kartu uno berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar kelas eksperimen rata – rata nilainya lebih tinggi daripada pada kelas kontrol dan aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan pada semua aspek yang diamati. Uji N-gain menunjukkan kelas eksperimen memperoleh kriteria tinggi sebesar 20 % sedangkan kelas kontrol sebesar 9 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bioedutaiment, Kartu UNO, Hasil Belajar, Invertebrata
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 11:06
Last Modified: 11 Aug 2020 11:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38014

Actions (login required)

View Item View Item