UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI SENYAWA FLAVONOID DARI RIMPANG TEMU KUNCI (Kaempferia pandurata Roxb.) TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS


Siti Handayani, 4311413079 (2018) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI SENYAWA FLAVONOID DARI RIMPANG TEMU KUNCI (Kaempferia pandurata Roxb.) TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311413079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (457kB) | Preview

Abstract

Rimpang temu kunci (Kaempferia pandurata Roxb.) merupakan salah satu dari berbagai tanaman obat tradisional yang banyak tumbuh di daerah Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak kandungan senyawa metabolit sekunder yang berfungsi sebagai antibakteri. Salah satunya bakteri penyebab karies gigi yang merupakan penyakit gigi dan mulut yang banyak diderita oleh lapisan masyarakat Indonesia. Bakteri yang paling berperan dalam menyebabkan karies adalah bakteri Streptococcus mutans. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isolasi senyawa flavonoid dan aktivitasnya dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Senyawa ini diperoleh dengan cara mengisolasi rimpang temu kunci menggunakan kromatografi kolom yang telah diekstraksi dengan metode maserasi. Hasil kromatografi kolom dilakukan analisis dengan spektrofotometer UV-Vis dan FTIR. Metode uji bakteri adalah metode difusi agar menggunakan kertas cakram. Hasil penelitian diperoleh senyawa hasil isolasi adalah jenis flavanon yaitu 6,7,3’,4’-tetrahidroksi flavanon. Hasil uji menunjukkan senyawa flavanon resisten terhadap bakteri Streptococcus mutans dan memiliki aktivitas yang lebih lemah dibandingkan dengan sampel ekstrak etanol sebesar 1,85 mm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kaempferia pandurata Roxb., flavonoid, aktivitas antibakteri, Streptococcus mutans
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Aug 2020 22:13
Last Modified: 10 Aug 2020 22:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38004

Actions (login required)

View Item View Item