PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP KINERJA MODAL INTELEKTUAL (


Umi Fadiyah, 7311414070 (2018) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP KINERJA MODAL INTELEKTUAL (. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang .

[thumbnail of 7311414070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan persaingan bisnis yang ketat menyebabkan perusahaan harus mengubah strategi bisnisnya dari yang didasarkan pada tenaga kerja menuju bisnis berdasarkan pengetahuan guna mencapai keunggulan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, ukuran perusahaan, umur perusahaan dan profitabilitas terhadap kinerja modal intelektual pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kinerja modal intelektual diproksikan dengan value added capital coefficient (VAICTM). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang efeknya terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menerbitkan laporan keuangan lengkap tahun periode 2012-2016. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder yang berasal dari laporan keuangan. Analisis data menggunakan regresi linear berganda melalui software Eviews 9. Penelitian ini menemukan hasil bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja modal intelektual. Umur perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja modal intelektual. Sedangkan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja modal intelektual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hanya variabel profitabilitas yang dapat dijadikan sebagai salah satu faktor penentu kinerja modal intelektual. Saran untuk investor sebaiknya jangan hanya terfokus pada perusahaan yang umur dan ukuran perusahaannya besar, namun harus mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi kinerja modal intelektual yaitu profitabilitas perusahaan. Bagi perusahaan, sebaiknya profitabilitas digunakan untuk meningkatkan kinerja modal intelektual agar tetap dapat bersaing. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dan sebaiknya mengganti variabel struktur kepemilikan dengan risiko perusahaan atau jenis industri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Modal Intelektual, Profitabilitas, Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Aug 2020 21:06
Last Modified: 09 Aug 2020 21:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38003

Actions (login required)

View Item View Item