ZEOLIT ALAM TERMODIFIKASI SURFAKTAN HEKSADESILTRIMETILAMMONIUM (HDTMA) DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ADSORBEN ZAT WARNA CONGO RED


Aliftia Wahyu Rahmawati , 4311411035 (2018) ZEOLIT ALAM TERMODIFIKASI SURFAKTAN HEKSADESILTRIMETILAMMONIUM (HDTMA) DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ADSORBEN ZAT WARNA CONGO RED. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311411035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan modifikasi dengan menambahkan surfaktan Heksadesiltrimetilammonium (HDTMA) terhadap zeolit alam teraktivasi. Zeolit alam hasil aktivasi ditambah dengan surfaktan HDTMA pada konsentrasi 1 x KTK (Kapasitas Tukar Kation) dan 2 x KTK. Karakterisasi terhadap zeolit teraktivasi dan termodifikasi HDTMA dilakukan dengan spektroskopi FT-IR dan difraksi sinar X. Jumlah zat warna congo red yang teradsorp, ditentukan dengan spektroskopi UV-Vis. Modifikasi zeolit dengan surfaktan HDTMA+ ditunjukkan oleh spektra FT-IR pada bilangan gelombang 2859 dan 2926 cm-1 untuk 1 x KTK, dan 2 x KTK pada bilangan gelombang 2854 dan 2927 cm-1 yang menunjukkan adanya gugus CH2 amina yang dimiliki oleh HDTMA+. Uji adsorpsi zat warna congo red terhadap zeolit alam termodifikasi surfaktan HDTMA+, waktu optimum pada waktu 10 menit untuk zeolit sebelum termodifikasi, sedangkan zeolit termodifikasi waktu optimum terjadi pada waktu 20 menit dengan pH optimum pada pH 6. Konsentrasi awal optimum pada 4 ppm, sedangkan konsentrasi awal optimum zeolit termodifikasi terjadi pada 2 ppm. Adsorpsi yang terjadi pada zeolit alam dan zeolit termodifikasi mengikuti isoterm adsorpsi Freundlich.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adsorpsi, Congo Red, surfaktan HDTMA, Zeolit Alam
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Aug 2020 20:43
Last Modified: 09 Aug 2020 20:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38000

Actions (login required)

View Item View Item